Fokus Rohil

Rohil Wakili Riau pada Festival Budaya Nasional

Bagansiapiapi-Kabupaten Rokan Hilir dipercaya untuk mewakili Riau mengikuti Festival Budaya Nasional di Taman Mini Indonesia Indah pada September mendatang. Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas Seka Rohil H Surya Arfan, Senin (13/7) di Bagansiapiapi.
 
“Kita sudah lakukan rapat terkait penunjukan ini, kemudian kita sepakati memilih Sanggar Sri Kemuning dan akan menampilkan beberapa tarian dan ritual adat,’’ kata Sekda.
 
Rohil ditunjuk oleh Provinsi melalui Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Riau. Adapun yang akan ditampilkan di antaranya berupa tarian, perpaduan tari, usik, senandung atau syair.
 
Sedangkan ritual yang akan ditampilkan di antaranya buang lancang, sembai mambang deo-deo.
 
Sangggar Sri Kemuning akan diutus bersama BPP Rohil Dinas Pariwisata untuk berangkat ke Jakarta.
 
“Ini sebuah hal yang menurut kita apresiasi, memang untuk wilayah perbatasan kita yang paling terdepan karena langsung berbatasan dengan negara Malaysia melalui selat Malaka,’’ jelas Surya Arfan.
 
Sekda juga berpesan bagi perwakilan yang ditunjuk untuk mempersiapkan diri sehingga hasil dalam festival bisa maksimal. ''Harapan kita tentu jadi yang terbaik dan ini kesempatn untuk menambah prestasi Rohil di kancah nasional,'' pungkas Sekda.(adv/hms)