Fokus Rohil

Bupati dan Wabup Rohil Buka Bersama Warga Binaan

Bagansiapiapi-Safari Ramadan yang digelar Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tidak hanya dilakukan di masjid setiap kecamatan, namun pada puasa hari ke-20, Bupati H Suyatno dan Wakil Bupati Erianda menyempatkan diri untuk melakukan safari Ramadan di rumah tahanan Cabang Bagansiapiapi, Selasa (7/7) malam.
 
Prosesi kegiatan itu dimulai pukul 17.30 WIB, dimana Bupati dan Wabup mengawali kegiatan dengan melakukan peninjauan nara pidana (Napi) dari sel ke sel sekaligus memberikan nasihat kepada para napi yang dikunjungi.
 
Kemudian dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Rohil, H Agustiar. Dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama warga binaan.
 
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Rohil H Surya Arfan, Kepala Rutan Bagansiapiapi Suparman, Asisten I Setdakab HM Rusli Syarif, Asisten III H Ali Asfar, pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Bagansiapiapi H Bahrun Amid, serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Rohil.
 
Bupati Suyatno dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini tidak hanya diselenggarakan oleh Pemkab Rohil saja, tapi juga berkat kerja sama Bank Riau Kepri Cabang Bagansiapiapi. "Alhamdulillah, warga binaan sangat gembira sekali dengan kehadiran kami di lapas ini," katanya.
 
Pada intinya, terang Bupati, kehadiran mereka tidak lain adalah untuk meningkatkan silaturahmi dan memberikan motivasi serta nasihat kepada para napi.
 
"Tadi juga sudah saya tinjau dari sel ke sel dan saya sampaikan kepada mereka (napi) setelah ini sudahlah kita tutup buku dan kembali ke masyarakat untuk berbuat yang terbaik," pesan Bupati.
 
Terkait usulan sumur bor, Bupati berjanji tahun ini akan diprogramkan. "Memang kemarin sudah kita programkan tapi tak jalan. Saya tegaskan kepada pak Sekda mulai besok tolong instruksikan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang segera distribusikan air ke lapas rutin setiap harinya. Ini musim kemarau, kasihan kan mereka tak mandi," pinta Suyatno.
 
Sementara itu, Kepala Rutan Cabang Bagansiapiapi, Suparman menilai kegiatan ini merupakan suatu hal yang luar biasa sekali, karena kepedulian Pemkab Rohil terhadap warga binaan begitu besar.
 
 "Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pak Bupati atas kepeduliannya terhadap warga kami ini. Mudah-mudahan pembangunan sumur bor bisa segera terwujud," harap Suparman.
 
Dalam kesempatan tersebut Bupati Suyatno juga memberikan santunan kepada 100 orang anak yatim dan bantuan kain sarung kepada napi.(adv/hms)