Fokus Rohil

Pemkab Rohil Laksanakan Sosialisasi Pembangunan di Kawasan Perbatasan

BAGANSIAPIAPI - Lima lokasi Prioritas (Lopri) Pembangunan kawasan perbatasan daerah yang telah diprogramkan oleh Badan pengelolaan perbatasan (BPP) Rohil direncakanan pembangunannya pada tahun 2016 mendatang. Agar pembangunan kawasan perbatasan itu berjalan sesuai dengan yang diharapkan, BPP Rohil sebagai pihak pengelola diminta untuk melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar ada keterpaduan. Dengan begitu, percepatan pembangunannya bisa berjalan dengan baik.

Sebagaimana yang diketahui dipropinsi riau kawasan perbatasan hanya terdapat ditiga kabupaten yang berbatasan langsung dengan selat melaka dan negara tetangga Malaysia. Tiga Kabupaten itu yakni kabupaten bengkalis, Meranti dan Rokan Hilir. Untuk Rokan Hilir sendiri pembangunan kawasan perbatasan terdapat dilima kecamatan yakni kecamatan Sinaboi, Pasir Limau Kapas (Palika), Bangko, Kubu Babussalam (Kuba), dan kecamatan Pekaitan.

Demikian dikatakan oleh Plt sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, saat membuka sosialisasi kebijakan pemerintah dalam mengembangkan wilayah strategis dan cepat tumbuh dalam rangka pembangunan kawasan perbatasan rohil, selasa (1/12) pagi diaula hotel Kesuma, Bagansiapiapi. Dari lima Lopri itu, tiga lopri diantaranya akan dimulai pembangunannya pada tahun 2016 mendatang. Tiga Lopri itu yakni Kecamatan Palika, Bangko, dan Sinaboi.

Agar pembangunan kawasan perbatasan itu berjalan dengan baik, pihak BPP Rohil diminta melakukan koordinasi dengan Instansi vertikal maupun instansi pemerintah Rohil lainnya seperti Dinas Kesehatan (Diskes), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) dan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) dan Asisten Bidang Ekonomi Bangunan (Ekbang), "pinta Surya Arfan.

Sementara itu Kepala BPP Rohil, H Wazirwan Yunus S Sos Msi mengatakan bagaimana pembangunan yang ada di daerah perbatasan rohil itu bisa terlaksana dengan baik, sehingga jalan lintas (jalin) pesisir bisa terbuka yang nantinya akan meningkatkan perekonomian masyrakat. Nah, maka dari itu kita mengajak semua instansi terkait agar bersama-sama untuk membangun kawasan perbatasan yang ada dirohil, "ujarnya.

Dikatakan Wazirwan, adapun insfraruktur yang nantinya dibangun dikawasan perbatasan itu seperti Kantor Kecamatan, Gedung sekolah, Pusat Layanan Kesehatan, gedung pertemuan (Pedopo), Jalan, dan Insfraruktur lainnya. Menurutnya, pembangunan kawasan perbatasan salah satu dari nawacita ketiga dari Presiden Joko Widodo dalam rangka pemerataan pembangunan dipelosok tanah air, "terangnya.

sosialisasi kebijakan pemerintah dalam mengembangkan wilayah strategis itu diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari instansi Vertikal, perwakilan SKPD, dan Camat serohil. Kegiatan yang berlangusung selama tiga hari kedepan ini, pihak BPP Rohil mendatangkan Narasumber dari BNPP, BPPD Propinsi Riau, Bappeda Rohil, dan Kepala BPP Rohil. (adv/hms/ar)