Fokus Rohil

Pemkab Rohil Canangkan Program Paten

BAGANSIAPIAPI - Untuk mempermudah peyanan kepada masyrakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menyatakan kesiapannya melaksanakan program pelayanan administrasi terpadu Kecamatan (Paten). Hal ini sebagai upaya meningkatkan pelayana Prima kepada masyarakat.

Komitmen ini disampaikan Bupati Rohil, H. Suyatno saat membuka sosialisasi Paten dan Launcing pelaksanaan paten, Senin (30/11) siang kemaren, di Gelanggang Olahraga (GOR) Batu enam, Bagansiapiapi. Bupati Rohil, H Suyatno Amp dalam sambutannya mengatakan, Meskipun sedikit terlambat pelaksanaan paten ini, namun rohil berkomitmen melaksanakan program ini sebaik mungkin. Untuk Propinsi riau yang terbaik dalam pelaksanaan program paten adalah kabupaten Siak sri Indrapura. "kita baru saja mau memulai program ini, tapi saya pikir bukan suatu permasalahan selagi itu dilaksanakan dengan bersungguh-sungguh, "Katanya.

Secara garis besar program paten merupakan pelimpahan kewenangan kepada kecamatan dengan sistem pelayanan satu pintu. Ada 74 perizinan yang langsung dikelola kecamatan tanpa harus melalui persetujuan kabupaten. Perizinan tersebut dibuat dengan limit waktu penyelesaian yang sudah ditentukan sesuai dengan prosedur standar operasi yang ditetapkan, "ujar Suyatno.

Dilanjutkan Orang Nomor satu dinegeri seribu kubah ini, pelaksanaan Program paten diawali dengan kajian yang menyangkut jenis kewenangan yang dilimpahkan kepada pihak kecamatan. Selama ini setiap pengurusan yang dilakukan oleh pihak kecamatan terkesan rumit dan memerlukan waktu yang lama. Nah, dengan program paten ini kedepannya pihak kecamatan tidak lagi keibukota kabupaten untuk mendapatkan tandatangan atas berbagai perizinan, "tuturnya.

Kecamatan memiliki peran dan fungsi sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyrakat. Maka dari itu pihak kecamatan dituntut untuk menerapkan Standar Operating Procedure (SOP) dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyrakat. Dengan penerapan program paten ini kedepannya tidak ada lagi sentimen negatif tentang pelayanan perizinan.

Dirinya sebagai pemimpin daerah juga berharap program paten ini bisa berjalan dengan baik dirohil. Karena sarana dan prasarana teknologi informasi (IT) saat ini sudah sangat mendukung dan akan dilingkapi selurih kecamatan yang ada dirohil. "untuk mengurus perizinan biasa masyrakat tidak lagi susah payah kebagansiapiapi, cukup dilakukan pengurusannya dikecamatan masing-masing, pihak kecamatan diminta untuk menjalankan program ini dengan sebaik mungkin, "pesan Suyatno.

sosialisasi Paten dan Launcing pelaksanaan paten dihadiri oleh Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Kepala Bappeda Rohil, HM Job Kurniawan AP Msi, Para Asisten, para kepala Dinas, Camat, Lurah, Datuk penghulu se Rohil. (adv/hms/ar)