Fokus Rohil

Disprindag Rohil Jamin Stok LPJ Melon Aman Hingga Akhir Tahun

Kadisperindag Rohil, H Syafruddin HS

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menjamin stok kebutuhan LPG melon 3 Kilogram terpenuhi hingga akhir tahun. Pasalnya, Stok kebutuhan LPG khususnya LPG melon masih ada sekitar 3 juta 594 kilogram yang telah di distribusikan ke SPBE yang menjadi daerah pemasok dirohil. Untuk menjamin ketersediaan kebutuhan Gas LPG tersebut, Disperindag mengaku telah turun kelapangan untuk mengecek persedian dan diyakini mampu memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun.

Demikian disampaikan Kadisperindag Rohil, H Syafruddin HS, Sabtu (28/11) di Bagansiapiapi. "kita sudah cek dan stok kebutuhan gas LPG masih banyak, dimana kebutuhan ini merupakan ekstra atau tambahan dari pihak pertamina, stok yang kita miliki sebanyak 3 juta 594 kilogram yang telah disalurkan ke SPBE yang ada dirohil, "ujarnya.

Syafruddin mengakui jumlah SPBE dirohil memang masih kurang. Pemkab rohil katanya akan menambah minimal 2 unit SPBE lagi demi menjawab kebutuhan masyrakat dalam penggunaan gas LPG. " kita akan berusaha menambah SPBE untuk dikecamatan Bagan sinembah dan simpang Solah, jika hal ini dipenuhi oleh pihak pertamina maka distribusi LPG bisa lancar dan rutin, "katanya.

Menurutnya, penambahan SPBE ini diprediksikan akan mampu memenuhi kebutuhan masyrakat, misalnya SPBE Bagan Sinembah yang nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan masyrakat kecamatan simpang kanan, bagan batu, balai jaya, dan balam. Sedangkan SPBE Simpang Solah diyakini akan mampu memenuhi kebutuhan masyrakat kecamatan pujud, Kubu Babussalam (Kuba), dan Bangko Pusako, "terangnya.

Syafruddin mengakui kalau pihaknya juga pernah mengusulkan ke kementrian ESDM, dimana pada waktu itu disperindag diminta untuk menghubungi pihak pertamina wilayah I Medan. Nah, saat ini kita telah memiliki dua kantor pertamina, satu dipekanbaru dan satu lagi dimedan. makanya dalam waktu dekat kita akan kemedan untuk meneruskan rencana pembangunan SPBE dirohil, "ujarnya.

Dilanjutkan, mengenai pembangunan SPBE tidaklah begitu sulit, hanya saja terkadang tersandung dengan pembebasan lahan. Namun, pemkab rohil akan siap membantu, andai kata hal ini terwujud maka pendistribusian gas LPG kedepannya berjalan lancar, "pungkasnya. (adv/hms/ar)