Riau Raya

Pemkab Indragiri Hulu Serius Penuhi Hak-hak Anak

Rengat-Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah berkomitmen untuk memenuhi hak-hak terhadap anak. Hal itu dibuktikan dengan diterbitkannya perturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2014 tentang perlindungan anak.
 
Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Lapangan Hijau Rengat kemaren. “Perda Nomor 3 tahun 2014 tentang perlindungan anak yang didalamnya telah terkandung pelaksanaan hak-hak anak serta berbagai hal yang jika dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan akan meningkatkan kualitas anak-anak di Kabupaten Inhu,” ujarnya, Jumat (27/11).
 
Menurutnya, banyak sudah program dan kegiatan yang telah laksanakan untuk pemenuhan hak-hak anak. 
 
Namun pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Inhu harus terus tingkatkan dan hal ini membutuhkan komitmen dan kerjasama semua pihak.
 
Untuk itu harapnya, melalui peringatan HAN hendaknya mampu menjadikan momentum bagi semua anak agar terus mengasah kemampuan dengan belajar secara giat. Kemudian, melaksanakan nilai-nilai dalam agama sebagai momentum awal dalam merevolusi mental.
 
Selain itu, Penjabat Bupati juga minta seluruh anak di Kabupaten Inhu untuk terus mengintropeksi diri, memperkuat iman dan taqwa serta meningkatkan kemampuan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. “Bagi anak-anak semua, kalian adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan menggantikan posisi kami. Hendaknya, kalian akan berbuat yang lebih baik dari apa yang telah kami lakukan saat ini untuk menjadikan Kabupaten Inhu menjadi maju dan sejahtera,” terangnya.
 
Sementara itu, Plt Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPAKB) Kabupaten Inhu, Ir Feny Darius mengungkapkan, sejatinya HAN di peringatan setiap tanggal 23 Juli. Namun pada tahun ini bertepatan dengan bulan puasa, kemudian dilanjutkan hari raya serta adanya bencana kabut asap, maka Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015 baru bisa dilaksanakan pada Kamis (26/11).
 
Meski demikian, Feny Darius mengungkapkan hal itu tidak mengurangi makna dan tujuan dari peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015 yang mengangkat tema “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak”, ujarnya.(rep05/rpc)