*Buka Pelatihan Bela Negara

Plt Sekda Rohil Himbau Warga Gunakan Hak Suara

BAGANSIAPIAPI - Salah satu bukti kecintaan dengan negara adalah dengan menunjukan sikap berdemokratis dan berpartisifasi memberikan hak suaranya dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Karena cinta dengan negara tentunya harus ikut dalam menentukan siapa pemimpin negeri ini kedepannya.

Demikian disampaikan Plt. Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi saat membuka pelatihan bela Negara, Jumat (20/11) diaula Hotel kesuma, Bagansiapiapi. Pelatihan yang ditaja oleh Badan Kesatuan Bangsa, politik dan linmas (Kebangpolinmas) Rohil itu diikuti  sebanyak 50 pemilih pemula dari kalangan pelajar diwilayah kecamatan Bangko.
 
Dikatakan Surya, Peran pemilih pemula sangat penting dalam menentukan hasil dalam pilkada yang digelar serentak pada 9 desember 2015 mendatang. Selain itu juga menjadi penilaian tentang tingkat partisifasi pemilih."kalau partisifasinya bagus, tentunya pemerintah pusat akan melihat masyrakat rohil memang antusias dalam pilkada, dengan begitu pusat juga akan memperioritaskan anggarannya untuk dialiri kerohil, "jelasnya.

Dilanjutkan Kepala BKP Definitif Rohil ini, pelatihan bela negara juga dalam rangka menguatkan rasa kebangsaan dan cinta dengan tanah air. Karena rasa cinta dengan negara dibuktikan dengan pengabdian untuk berjuang dalam menentukan pemimpin disuatu daerah. Saat ini para pelajar masih banyak yang berusia muda, jadi generasi penerus harus dibekali dengan pemahaman tentang bela negara. "kalau negara dibela tentunya akan menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian untuk membangun negeri ini, "tutur Surya.

Pelatihan bela negara ini Kesbangpolinmas Rohil mendatangkan narasumber dari Kesbang Propinsi riau dan Unsur TNI yakni komandan TNI -AL Bagansiapiapi, Lettu laut (P) Pohan, SE dan Komandan TNI-AL Sinaboi, Letda Laut (P) Ali Silikhin. Acara ini juga tampak dihadiri oleh Kepala Kesbangpolinmas Rohil, Drs Suandi, para Kabid dan Staf dilingkungan kesbangpolinmas Rohil. (adv/hms/ar)