Riau Raya

Imigran ke Pekanbaru Banyak Melalui Jalur Tikus

Pekanbaru-Pertambahan Imigran di kota Pekanbaru semakin meningkat. Kebanyakan para imigran  masuk ke Riau tidak melalui jalur pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang ada di bandara melainkan kebanyakan dari mereka masuk melalui jalur tikus.
 
Hal itu di akui Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru Pria Wibawa. Dikatakannya imigran di Kota Pekanbaru semakin meningkat banyak yang tidak melalui tempat pemeriksaan,
 
"Kebanyakan para imigran ini melalui jalur laut,  itu diluar wilayah saya. Jalur tikus ini seperti di Kepri banyak. Bukan hanya di Kepri, di Aceh, Medan mereka juga bisa masuk. Jadi tidak hanya di Riau saja. Mereka datang pakai kapal," ujarnya.
 
Kata Wibawa, terkait jumlah imigran ia mengakui jumlah imingran yang masuk ke Riau khususnya Kota Pekanbaru sudah berkurang dari tahun sebelumnya.
 
"Kalau masuk di Pekanbaru saat ini 785 orang, dibandingkan pada beberapa waktu lalu bisa mencapai 800an imigran,"jelasnya
 
Maka dari itu pihaknya bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi permasalahan-permasalahan akibat dampak dari kedatangan imigran yang ada di Pekanbaru. (rep05)