Fokus Rohil

Guru Studi Bahasa Indonesia Rohil Dapat Penguatan Keprofesionalan

BAGANSIAPIAPI - Ratusan guru bidang studi Bahasa Indonesia yang mengajar di tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se-Rokan Hilir (Rohil) mengikuti sosialisasi penguatan keprofesionalan guru Bahasa Indonesia yang digelar di Gedung Unri Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Senin (2/11) kemaren


Kepala Dinas Pendidikan Rohil Ir H Amiruddin MM mengatakan, guru Bahasa Indonesia yang ada di Rohil diharapkan samakin memahami pembelajaran berbasis teks.

Adapun acara sosialisasi tersebut, ungkap Amiruddin, merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Rohil dengan Balai Bahasa Provinsi Riau.

"Kita memberikan apresiasilah kepada Balai Bahasa Riau, walaupun ini merupakan kegiatan rutin. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu para guru bahasa di Rohil agar memahami Kurikulum 2013 yang ke depannya akan dijadikan Kurikulum Nasional, khususnya dalam  pelajaran Bahasa Indonesia,” katanya.

Menurut Amiruddin, narasumber yang menjadi pembicara dalam acara ini sudah cukup berkompeten di bidangnya, yakni Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau Drs Agus Sri Danardana MHum, Imelda Yance MHum.

Sedangkan materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah tentang Kebijakan  Bahasa Indonesia dalam Dunia Pendidikan, Model Pembelajaran dalam  Bahasa Indonesia.

Selanjutnya, Jenis dan Struktur Teks, Kegiatan Ilmiah dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teknik Menulis Karya Ilmiah, Teknik Menulis Karya Kreatif, Praktik Menulis Teks Faktual dan  Praktik Menulis Teks Fiksi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten H Amiruddin mengaku senang dan mengapresiasi penyelenggaraan acara ini. Dia berterima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Riau yang membuat program acara tersebut.


Menurutnya, guru-guru Bahasa Indonesia yang ada di Rohil memerlukan sosialisasi seperti ini. "Terima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Riau yang telah menyelenggarakan acara ini. "Acara ini penting dan sangat bermanfaat bagi guru-guru Bahasa Indonesia ,” ujar Amiruddin.

Sementara itu salah seorang panitia penyelenggara kegiatan tersebut menyebutkan, acara ini bertujuan memberi penguatan keprofesionalan guru dalam menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks.

Salah satu ciri khas yang menonjol pada pengembangan Kurikulum 2013 (K-13), bahwa  Bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan formal adalah diterapkannya pendekatan ilmiah dalam proses pembelajarannya.

Pada pelaksanaanya kali ini, dilaksanakan untuk guru-guru di Provinsi Riau, termasuk para guru bidang studi Bahasa Indonesia yang ada di Rohil.
 
Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau Drs Agus Sri Danardana MHum, mengatakan kegiatan ini pada dasarnya  bertujuan memberi penguatan keprofesionalan guru dalam menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks.

"Sehingga pada akhirnya dapat menjadikan Bahasa Inndonesia berfungsi sebagai penghela dan pembawa ilmu pengetahauan. Kuncinya mari kita coba, jangan pernah patah semangat. Kebiasaan itu nanti akan mengantar kita pada keberhasilan. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan," ujarnya yang saat itu juga menjadi pemateri.

Sebelum acara dimulai juga dilaksanakan penyematan tanda peserta oleh Kepala Dinas Pendidikan Rohil Amiruddin kepada dua orang perwakilan peserta yang disaksikan ratusan guru dan penyelenggara dari Balai Bahasa Provinsi Riau. (Adv/hms/ar)