Fokus Rohil

8 Sekolah Di Rohil Ikut Penilaian Adiwiyata Tingkat Nasional

H. Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Dari 11 sekolah dikabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat propinsi Riau, sebnayak 8 sekolah diantaranya dinyatakan masuk sebagai penilaian sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

11 sekolah yang telah berhasil meraih penghargaan adiwiyata tingkat Propinsi tersebut sebelumnya juga telah diusulkan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi riau ketingkat nasional. sayangnya 11 sekolah yang diusulkan hanya delapan sekolah yang dinyatakan masuk penilaian sekolah adiwiyata tingat nasional.

"Kita atas nama pemerintah memberikan apresiasi kepada 8 sekolah yang masuk penilaian sekolah Adiwiyata tingkat nasional, Kedepannya kita berharap sekolah lainnya dirohil bisa termotivasi untuk mendapatkan penghargaan tersebut, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Sabtu (31/10) di Bagansiapiapi.

Dikatakan Bupati, Program yang berbasis dan budaya lingkungan yang disebut dengan adiwiyata sangat baik, karena disamping akan sadar dengan lingkungan juga memberikan pendidikan kepada para guru dan siswa akan pentingnya lingkungan. Nah, dengan begitu para guru dan siswa itu nantinya bisa menerapkannya dirumah masing-masing dan kepada masyrakat sekitarnya, "harapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Rohil yang juga sebagai pembina sekolah Adiwiyata dirohil, Alkahfi Sutikno mengatakan, Sebagai pembina dari sekolah yang berbasis dan berbudaya lingkungan. Hingga saat ini pihak sekolah yang masuk penilaian adiwiyata tingkat nasional telah mematangkan untuk mendapatkan penilaian ditingkat nasional terutama pada poin-poin yang akan dinilai.

Menurut Alkahfi Sutikno, persiapan itu tidak hanya dilakukan pihak sekolah ketika tim adiwiyata dari nasional akan melakukan penilaian, akan tetapi pihaknya bersama pihak sekolah sudah menanamkan sikap akan cinta lingkungan kepada para guru dan siswa terutama dilingkungan sekolah dan masyrakat, "terangnya.

Delapan Sekolah yang masuk penilaian Adiwiyata tingkat nasional itu yakni :
 
1. SD 007 Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah dengan perolehan Nilai 65,5
2. SD Sei Balam, kecamatan Balai jaya dengan perolehan nilai 64,75,
3. SMP Tunas Bangsa, Kecamatan Balai Jaya dengan perolehan nilai 66,5
4. SMPN 4 Bagan Sinembah, Kecamatan Balai Jaya dengan perolehan nilai 72
5. SMPN 8 Bagan Sinembah, Kecamatan Bagan Sinembah dengan nilai 68,5
6. SMPN 5 Bagan Sinembah, Kecamatan Bagan Sinembah dengan nilai 71,5
7. SMAN 1 Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan dengan nilai 67,25
8. SMAN 1 Kubu, Kecamatan Kubu Babussalam dengan perolehan nilai 64,5.(adv/hms/nto)