Fokus Rohil

DKP Rohil Bakal Relokasi Pasar Datuk Rubiah

ROHIL-Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan Rohil berencana memindahkan lokasi (relokasi-red) berjualan pedagang Pasar Datuk Rubiah Bagansiapiapi tahun 2016, mendatang. Lokasinya berada di Pasar Jalan Bintang Hilir Bagansipaiapi.
 
"Memang ada wacana kita Pasar Datuk Rubiah akan direlokasi ke Pasar Jalan Bintang Hilir pada tahun 2016 mendatang," kata Kepala DKPP Rohil Ibus Kasri melalui Sekretaris Iwan Kurnia, Jumat (23/10/15).
 
Kurang efektifnya posisi Pasar tradisional Datuk Rubiah, menurut Iwan, lantaran berada dipusat Kota Bagansiapiapi, selain itu sering menimbulkan kemacetan."Di Pasar Datuk Rubiah sekarang kan tidak ada lahan parkir, tempat pembuangan sampah berantakan, bahkan dekat dengan pemukiman masyarakat, makanya sudah layak untuk dipindahkan," cetusnya.
 
Ia menambahkan, semua pasar tradisional yang ada di Bagansiapiapi seperti Pasar Datuk Rubiah, Pasar Pajak Hulu dan Pasar Pelita akan dipindahkan ke Pasar yang baru di Jalan Bintang."Jadi semua pasar tradisional yang ada di Bagansiapiapi nantinya akan dipusatkan di Jalan Bintang Hilir, Kepenghuluan Bagan Jawa," ungkapnya.
 
Iwan menambahkan, khusus Pasar Datuk Rubiah direncanakan sebagai lokasi bedagang khusus buah-buahan, kemudian pasar akan dibangun dua lantai plus dilengkapi lahan parkir dibelakang pasar.
 
Lanjutnya, jika tiga pasar tersebut sudah dipindahkan ke Pasar baru di Jalan Bintang tentunya kota Bagansiapiapi akan tertata dengan baik."Sudah banyak keluhan masyarakat tentang kemacetan yang ditimbulkan akibat aktifitas jual beli yang dipasar tersebut," katanya.(rep05)