Fokus Rohil

Puskesmas Tanah Putih Masuk ISO dari Memetrian Kesehatan

BAGANSIAPIAPI – Kementrian Kesehatan (Kemenkes RI) melakukan Akreditasi terhadap seluruh Puskesmas maupun Pustu yang ada di Indonesia. Rencananya Akreditasi itu telah dilakukan dengan cara menyeluruh dan Komprehensif. Dengan kebijakan itu tentunya Dinas kesehatan (Diskes) yang ada di kabupaten/kota harus melakukan pembenahan-pembenahan supaya Puskesmas yang ada di daerah bisa terakreditasi oleh Menkes.

Dengan adanya Akreditasi oleh Menkes tentunya kerugian itu kepada daerah maupun masyrakat dalam pelaksanaan Program BPJS. Namun pihak pemkab Rohil melalui Diskes tetap berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pembenahan terhadap 15 Puskesmas yang ada di Rohil, "kata Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Sabtu (17/10) di Bagansiapiapi.

Diakui Surya Arfan, saat ini Puskesmas yang ada di Rohil belum ada yang masuk katagori Akreditasi,karena Puskesmas yang ada di Rohil belum ada memiliki Syarat seperti bangunannya nya harus memenuhi syarat kemudian Ruangan Rawat Inap,kecukupan Dokter dan sebagainya. Dari 15 Puskesmas yang ada di rohil, Cuma Puskesmas kecamatan Tanah Putih Sedinginan yang hanya memiliki Kategori standardization organization standardization ( ISO).

Diakui Surya Arfan, Standar ISO itu lebih bagus dari Standar akreditasi yang dilakukan oleh Kemenkes RI. karena ISO adalah badan penetap Standar Internasional yang terdiri dari wakil-wakil badan Standarisasi nasional setiap negara. Namun, kita tetap Berupaya semaksimal mungkin akan melakukan pembenahan seperti apa yang diharapkan oleh Menkes, karena dengan Akreditasi ini tentunya meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan masyrakat dan sebagai Filter dan kendali mutu yang dapat dipercaya oleh masyrakat, "katanya.

Program BPJS sangat membantu masyrakat miskin,untuk itu prmkab Rohil akan berupaya semaksimal mungkin supaya seluruh Puskesmas yang ada di Rohil bisa terakreditasi oleh Kemenkes RI, Sehingga Program BPJS bisa dilakukan dan dilaksanakan di Rohil ini dengan baik dan sukses, "pungkas Surya Arfan. (adv/ndi)