Fokus Rohil

Bapedalda Rohil Upayakan Setiap Desa Miliki Peta Administrasi

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menilai peta administrasi desa penting untuk dibuat. Pasalnya, manfaat adanya peta desa cukup banyak.

"Kita menginginkan setiap desa dilengkapi peta. Jadi pola administrasi secara global lengkap. Sehingga memudahkan dalam segala hal," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Bapedalda Rohil, Suta Wirapraja, ST, Jumat (9/10).

Menurutnya, semua ini didapat sesuai permintaan semua kecamatan. Pada intinya, Bapedalda siap untuk mendampinggi pembuatan peta administrasi desa. Semua ini demi kepentingan bersama.

Jika semua desa di Rohil memiliki peta administrasi yang lengkap. Secara otomatis jika ada ditemukan titip api atau bencana lain langsung dapat terdeteksi.

Maksudnya, pembuatan peta desa dengan berbasis GPS. Apalagi Rohil masih terdapat daerah terbilanv rawan akan perbatasan. Dengan ada peta administrasi desa semja bisa diatasi.

Langkah dan kebijakan ini perlu ditindaklanjuti. Sehingga semua wilayaj Rohil terpantau secara menyeluruh. Inilab yang diharap-harapkan.

"Besar keinginan hal ini dapat terwujud. Sehingga jika ada karhutla dan hal-hal lain bisa terindentifikasi secepat mungkin. Yang jelas kita siap mendampingi pembuatan peta administrask desa," kata Wira mengakhiri.(adv/di)