Fokus Rohil

Lagi, Disbun Rohil Distribusikan 11. 750 Bibit Kelapa

Syahril

BAGANSIAPIAPI - Setelah berhasil menjalankan program bantuan bibit Kelapa Sawit kepada kelompok tani, Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Rokan Hilir, Riau kembali mendistribusikan sebanyak 11.750 bibit Kelapa.

"Ada dua kecamatan yang telah kita bagikan yakni Kecamatan Pasir Limau Kapas dan Bangko masing-masing 11.750 bibit Kelapa Dalam,"kata Kepala Dinas Perkebunan Rohil, Syahril. Minggu (4/10).

Menurutnya, program bantuan bibit Kelapa Dalam yang dibagikan kepada masyarakat melalui kelompok tani sangat tepat untuk dikembangkan, apalagi Rohil sendiri banyak memiliki pohon Kelapa seperti yang ada di Kecamatan Kubu, Bangko, Batu Hampar, dan Bangko Pusako.

"Sumatera Utara saja bisa kenapa kita tidak bisa, makanya tahun 2016 Disbun Rohil fokus Kelapa Dalam," ujar Syahril.

Sementara itu, untuk penyerahan bantuan bibit Kelapa Dalam di Kecamatan Pasir Limau Kapas dibagikan didaerah sentranya seperti di Kepenghuluan Pasir Limau Kapas dan Sungai Daun.

Sedangkan di Kecamatan Bangko dibagikan di Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, Labuhan Tangga Hilir dan Serusa.

"Sistem pembagian bibit ini perkelompok, jadi petani yang menyediakan lahan dan kami memberikan bibit itu," sebut dia.

Bibit Kelapa Dalam yang dibagikan tersebut berusia enam sampai dengan delapan bulan dengan tinggi 75-80 cm.

"Kalau tingginya tiga meter nanti sudah berbuah dan kelapa ini tidak merusak tanaman yang lain," katanya.

Pada hakikatnya bibit Kelapa Dalam yang telah dibagikan itu diambil dari bibit unggul yang telah dikelola oleh PKS di Medan, Sumatera Utara.

"Sekarang kan sawit sudah berhasil kita kembangkan di Kecamatan Bagan Sinembah dan Simpang Kanan, makanya saat ini kita fokus program Kelapa Dalam termasuk Karet,"paparnya.(adv/hms/di)