Nasional

Jokowi Segera ke Pekanbaru Lihat Langsung Ancaman Asap

Pekanbaru-Mengaku kecewa dengan asap yang terus mengepul di Riau, Presiden Joko Widodo akan berangkat menuju Pekanbaru. Darurat asap yang terjadi di daerah ini membuat Jokowi akan turun langsung memimpin pemadaman api.
 
Hal ini disampaikan Kepala BNPB Syamsul Maarif usai menghadiri rapat terbatas terkait penanganan asap dengan presiden dan kementerian terkait di kantor kepresidenan, Jakarta, Jumat, (4/9).
 
"Beliau akan berangkat ke Riau dalam waktu dekat, besok atau lusa. Tapi kami harus memperhitungkan tentang visibility di sana dulu," ujar Syamsul dalam jumpa persnya.
 
Untuk penanganan asap tersebut, kata Syamsul, presiden memerintahkan untuk segera membuat posko di wilayah-wilayah yang telah darurat, terutama di beberapa provinsi di Sumatera dan Kalimantan.  TNI dan Polri juga diminta aktif membantu pemadaman api di semua wilayah.
 
"Laporan hari ini, jumlah hotspot di Riau menurun dan Sumatera Selatan yang banyak. Beliau memerintahkan kepada Panglima TNI dan Polri untuk membantu dalam hal membatasi kemungkinan masyarakat akan membakar," imbuhnya.
 
Selain itu, kata Syamsul, Jokowi juga memerintahkan Kemendagri agar menginstruksi kepala daerah agar jangan ragu-ragu untuk menyatakan tanggap darurat asap.
 
"Jadi ini bukan bencana kebakaran lahan, tapi bencana asap," tandas Syamsul. (rep05/rpc)