Fokus Rohil

Mantap, 88 Sekolah Raih Adiwiyata Tingkat Pekanbaru

Pekanbaru-Sebanyak 88 sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kota Pekanbaru. Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi langsung memberikan penghargaan tersebut kepada para kepala sekolah se-Pekanbaru yang mendapatkan penghargaan tersebut.
 
Wiyata bermakna tempat mendapatkan ilmu, norma dan etika. Jadi Adiwiyata mempunya pengertian tempat memperoleh pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang menjadi dasar menuju manusia yang sejahtera.
 
Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi mengaku senang melihat semangat para sekolah dan wali murid untuk menjadikan sekolahnya sebagai Adiwiyata. "Hal ini terlihat dari banyak sekolah yang mendaftar menjadi peserta Adiwiyata," sebutnya, Senin (24/8/2015) di aula kantor Wali Kota Pekanbaru
 
Ditambahkannya, ini merupakan komitmen wali murid, siswa, guru dan kepala sekolah untuk menjadikan sekolah mereka menjadi bersih lingkungan. "Sekolah dalam Adiwiyata manfaatnya menciptakan nyaman belajar, bersih lingkungan, membuang sampah pada tempatnya dan menciptakan suasana kondisif dalam belajar. Tentu para siswa juga menanam pohon untuk menciptakan suasana hijau disekolah," ungkap Wawako.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pekanbaru, Prof Zulfadil mengaku sangat berbangga hati karena 88 sekolah di Pekanbaru layak menjadi sekolah Adiwiyata. "Lebih hebatnya lagi 35 sekolah di antaranya dinyatakan layak menjadi sekolah Adiwiyata tingkat nasional," sebut Kadisdik.
 
Pihak Disdik Provinsi mengirim setidaknya 29 sekolah yang ada di Pekanbaru untuk mengikuti Adiwiyata tingkat  nasional. "Semoga ada yang mendapatkan penghargaan dan banyak yang menjadi sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Harapan kita 10 sekolah diantara 29 sekolah tersebut mampu menjadi adiwiyata mandiri," ungkapnya. (cr04/rpc)