Hukum

Sadis, Perampok Ini Tembak Suami Isteri Korbannya

Pekanbaru-Aksi perampokan dengan menggunakan senjata api kembali terjadi di wilayah hukum Polres Indragiri Hulu (Inhu). Kali ini pelaku beraksi di dua TKP di Kecamatan Peranap, Kamis (20/8/2015) dini hari. Sadisnya, pelaku menembak sepasang suami isteri dan melarikan uang tunai puluhan juta rupiah.
 
Informasi yang berhasil dihimpun di Mapolda Riau, awalnya pelaku perampokan ini beraksi di rumah korbannya bernama Mesdi (37) di Sungai Ubo, Desa Pauh Ranap, Kecamatan Peranap, sekitar pukul 02.00 WIB. Saat korban tertidur lelap, tiba-tiba dikagetkan dengan kedatangan empat orang pelaku yang langsung menodongkan senjata api.
 
"Pelaku berhasil masuk ke rumah korban dengan cara mendobrak pintu samping. Setelah berhasil masuk, pelaku yang berjumlah sekitar empat orang langsung menodongkan senjata api ke arah korban sambil menanyakan tempat penyimpanan uang korban," beber Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, Kamis (20/8/2015).
 
Dalam aksinya itu, sebut Guntur, pelaku sempat menembak satu kali ke arah atas pintu rumah korban. Karena ketakutan dan tidak bisa melawan, korban akhirnya menunjukkan tempat penyimpanan uang dan barang-barang berharga miliknya. Setelah mendapatkan uang tersebut, para pelaku kemudian melarikan diri ke arah Dusun Lubuk Kandis, Desa Pauh Ranap.
 
"Pelaku berhasil membawa kabur uang tunai sekitar Rp50 juta, perhiasan emas seberat delapan mayam, BPKB mobil Kijang Inova, dan tiga unit handpone. Adapun ciri-ciri pelaku berdasarkan keterangan korban yakni postur tubuh sedang, kurus, menggunakan masker penutup mulut, dan menggunakan dua unit sepeda motor," sebut Guntur.
 
Tidak berapa lama kemudian, sekitar pukul 03.00 WIB, kawanan perampok bersenpi juga menggasak rumah warga di Dusun Lubuk Kandis, Desa Pauh Ranap, Kecamatan Peranap. Tidak hanya merampas harta benda, pelaku juga menembak korbannya yakni sepasang suami isteri yang mengenai kaki bagian kiri keduanya.
 
"Korban diketahui atas nama Simon Hutabarat (40) dan isterinya ditembak pelaku pada kaki kiri bagian bawah dan telah mendapat perawatan di rumah sakit. Di rumah korban, palaku berhasil membawa kabur uang tunai sekitar Rp20 Juta dan berlian seharga Rp8 juta. Ciri pelaku sama dengan TKP pertama dan saat ini masih dalam pengejaran Tim Sus Polres Inhu bersama Polsek Peranap," katanya. (rep05/rpc)