Fokus Rohil

Pelaksanaan Upacara HUT RI ke-70 di Bagansiapiapi Berlangsung Khidmat

ROHIL-Upacara Peringatan HUT RI ke 70 di Lapangan Purna MTQ Batu Enam, Bagansiapiapi, dipimpin Bupati Rohil H Suyatno, Senin (17/8/15).Pelaksaan detik-detik proklamasi sekitar pukul 10.00 Wib ditandai dengan bunyi sirine, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan.
 
Dalam amanahnya, bupati menilai peringatan HUT RI merupakan waktu yang tepat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah bersusah payah dalam memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Kita sebagai generasi penerus bangsa bukan hanya sekedar mengenang jasa-jasa pahlawan terdahulu. Akan tetapi meneruskan para pejuang yang telah gugur untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan, sehingga negara yang kita cintai ini semakin maju, jaya dan berkembang serta mampu setara dengan bangsa-bangsa yang telah maju," kata Suyatno.
 
Dia menegaskan, dalam memajukan negara harus dimulai dari daerah itu sendiri dan bukan hanya semata tugas pemerintah melainkan tugas semua.
 
"Memajukan daerah tentunya menjadi tugas bersama. Jika tidak ada campur tangan serta dukungan dari masyarakat mustahil pembangunan suatu daerah akan tercapai. Makanya melalui hari bersejarah ini saya mengajak kepada masyarakat mari kita bersama-sama membangun daerah," ajaknya.
 
Dirinya, juga memberikan apresiasi terhadap wacana Gerakan Nasional "Ayo Kerja" yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo pada Peringatan HUT RI ke 70 tahun 2015.
 
"Kalau kita sepakat saja komitmen yang telah diwacanakan pak Jokowi untuk birokrasi di Indonesia dalam hal menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Ini saya pikir penting sekali, karena tanpa ada sebuah kerja tidak akan terwujud. Jadi komitmen pak Jokowi patut kita berikan apresiasi dan harus didukung oleh semua birokrasi, baik itu pihak kementerian hingga kepelosok desa," terangnya.
 
Upacara Peringatan detik-detik Kemerdekaan RI ke 70 di Kabupaten Rokan Hilir berjalan sukses dan lancar. Ini terlihat barisan peserta begitu antusiasn memadati lapangan Purna MTQ yang diikuti oleh TNI, Polri, para Guru, pelajar, OKP serta unsur lainnya.
 
Selain itu, upacara HUT RI ini juga dihadiri Wakil Bupati Erianda, Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Anggota DPRD Rohil, para Asisten, Staf Ahli, dan sejumlah pejabat lainnya. (rep05)