Fokus Rohil

Suyatno: Jalan dan Jembatan Tetap Prioritas

BAGANSIAPI-API - Pemkab mengusulkan agar sejumlah jalan lintas khususnya yang merupakan kewenangan Provinsi Riau yang terdapat di wilayah Kabupaten Rohil diusulkan menjadi jalan negara. Seiring dengan itu, secara bertahap,  peningkatan program jalan lintas pesisir bakal terus direalisasikan. 
 
Hal ini disampaikan Bupati Rohil, H Suyatno di Bagansiapi-api. ”Sektor pembangunan di bidang infrastruktur khususnya menyangkut jalan dan jembatan, masih tetap menjadi agenda skala prioritas untuk ditingkatkan dan dibenahi. Karena, keberadaan jalan dan jembatan itu sangat penting,’’ kata Suyatno, Selasa (11/8). 
 
Di antaranya, tambah Suyatno, membenahi dan menata jalan lingkungan yang ada di semua daerah di wilayah Kabupaten Rohil termasuk di Kota Bagansiapi-api. Termasuk melakukan peningkatan jalan lintas dari Ujungtanjung ke Bagansiapi-api maupun dari Bagansiapi-api ke Sinaboi serta Pujud menuju ke Mahato.
 
‘’Untuk meningkatkan kondisi jalan lintas yang ada di wilayah Kabupaten Rohil, kita mengusulkan agar semua jalan lintas ini menjadi jalan negara yang menjadi kewenangan dari pemerintah pusat,’’ kata Suyatno.
 
Peningkatan dan pembenahan di bidang infrastruktur ini, tambah Suyatno, yakni menyangkut jalan lintas pesisir mulai dari Kecamatan Pasirlimau Kapas hingga sampai ke Kecamatan Sinaboi dan tembus Dumai. ‘’Program yang sudah dicanangkan ini, bakal terus kita tindaklanjuti. Tahun anggaran 2016 mendatang, segera dilaksanakan dengan menggunakan dana dari provinsi,’’ kata Suyatno.
 
Dengan tersedianya infrastruktur itu, lanjut Suyatno, maka semua daerah yang berada di wilayah Kabupaten Rohil menjadi daerah yang terbuka dan dapat segera berkembang. ‘’Kalau daerah sudah terbuka, maka dapat membuat perekonomian masyarakat menjadi bagus,’’ kata Suyatno.
 
Sementara,  daerah di Rohil yang dinilai perlu untuk mendapatkan perhatian serius khususnya di bidang infrastruktur seperti jalan dan jembatan sebagian besar berada di pesisir pantai. Diantaranya seperti di wilayah Kecamatan Sinaboi dan Kecamatan Kubu Babussalam serta Kecamatan Pasirlimau Kapas.(rep04/rpc)