Riau Raya

Sekdaprov Riau Langsung Kembalikan Tiga Mobil Dinas

Pekanbaru-Masih mengalungkan medali penghargaan Bintang Legiun Veteran RI di lehernya yang diterima pada apel Senin (10/8) pagi, Sekdaprov Riau H Zaini Ismail datang langsung ke Gudang Aset dan Perlengkapan Provinsi Riau, Jalan Kopan Pekanbaru. Zaini saat itu masih memegang map berisi surat tanda terima penyerahan aset berupa tiga unit mobil dinas.
 
Pengembalian tersebut dilakukan Sekdaprov Riau sebagai bantahan atas tudingan dirinya menguasai delapan kendaraan dinas. ‘’Saya menyerahkan kendaraan dinas yang ada di Sekda, yang katanya delapan itu tidak benar, sebenarnya ada tiga. Sedan Camry bekas Sekda lama, Toyota Prado untuk saya ke lapangan dan Altis saya kembalikan,’’ tutur Zaini.
 
Disinggung mengenai alasan pengembalian kendaraan dinas yang merupakan kendaraan operasional atas jabatannya sebagai Sekda, Zaini mengaku ingin hidup sederhana saja. Karena menurutnya banyak masyarakat yang masih serba kekurangan.
 
Mobil dinas yang dikembalikan Zaini kemarin semuanya merk Toyota. Yakni Corolla Altis BM 1341 TP, Land Cruiser Prado BM 1598 TP, serta Toyota Camry BM 1341. Ketiga mobil dinas tersebut merupakan mobil operasional yang digunakannya selama ini dalam melaksanakan tugas rutin sebagai pejabat dengan pangkat tertinggi di Pemprov Riau.
 
‘’Ingin hidup sederhana saja. Ada mobil pribadi,’’ katanya sambil menaiki mobil Innova coklat BM 1611 QZ yang merupakan kendaraan pribadinya.
 
Dijelas Zaini, sebagai Sekda ia mengakui dirinya memiliki hak untuk menggunakan mobil dinas termasuk kepada siapa mobil dinas diserahkan sesuai dengan keperluan SKPD. Karena aset daerah khususnya mobil dinas adalah haknya sebagai seorang Sekda.
 
Sementara itu Kepala Bidang Analisa dan Administrasi Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau Edy Syahputra yang menerima penyerahan mobil dinas Sekda kemarin mengaku dirinya hanya menerima. Di mana kendaraan tersebut akan dikandangkan di Gudang Jalan Kopan tersebut. ‘’Nanti kendaraannya tergantung Pak Plt Gubernur Riau selaku pemegang kewenangan aset. Kita terima karena ada yang mengembalikan dan kita data,’’ kata Edy.
 
Selain tiga kendaraan tersebut, diakui Edy juga ada pengembalian mobil dinas dua unit dari mantan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Riau, Chairul Riski. 
 
Plt Gubri Ir H Arsyadjuliandi Rachman mengenai pengembalian tiga unit mobil dinas operasional Sekdaprov Riau tersebut mengaku belum mendapatkan informasi. 
 
‘’Baru ini dengar dari kawan-kawan media, nanti saya tunggu laporannya,’’ singkat Plt Gubri ketika dikonfirmasi Riau Pos sesaat setelah Sekda mengembalikan kendaraan dinasnya.(rep05)