Fokus Rohil

Asik, Delapan Kecamatan di Rohil Terima Bantuan PKH

ROHIL-Pemkab Rohil menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.. Bantuan ini diperuntukan bagi 2.200 warga di delapan kecamatan di Rokan Hilir.
 
Program ini merupakan bantuan tunai bersyarat bernama Keluarga Sangat Miskin (KSM),"Saat ini ada beberapa PKH termasuk Sinaboi, Rantau Kopar,Batu Hampar,Pakaitan dan Tanjung Medan. Adapun program PKH ini ada hak yang kita berikan kepada keluarga yang miskin, ada juga kewajiban mereka," kata Pendamping kecamatan Bangko, Siswadi, Senin (3/8).
 
Lanjutnya, untuk kewajiban KSM pihaknya akan datang kesekolah untuk pengcekan, dengan indikasi apakah anak itu bersekolah atau tidak.Menurutnya. Bantuan itu untuk keperluan anak sekolah atau untuk biaya kesehatan. sedangkan untuk biaya sekolah tergantung tingkat kehadiran siswanya, lewat dari 80 persen akan di kuranggi uang bantuan PKH tersebut.
 
"Saat ini kita telah melakukan pencairan uang tunai kepada masyarakat KSM, akan ada lagi pencairan tahap kedua. Di mana pencairan PKH tahap ketiga, kita nanti akan mencek lagi apakah KSM tidak mensekolah anaknya, selama tiga kali berturut akan kita coret dari program PKH tersebut," jelasnya.
 
Menurutnya, bantuan ini sudah tingkat SMA, waktu lalu bantuan ini hanya bisa sampai tingkat SMP. Namun, sekarang rgoram tersebut bisa ditingkat SMA sederajat."Untuk tingkat SMA kita bantu Rp1 juta, khusus siswa SMP Rp750 ribu, dan tingkat SD Rp500 ribu," imbuhnya.(rep05/rmc)