Riau Raya

Lebaran Berakhir, Ribuan Pemudik Tinggalkan Riau


Pekanbaru-Pos Pelayanan Terminal AKAP Bandar Raya Payung Sekaki, Provinsi Riau, mencatat seribuan pemudik meninggalkan Riau dalam mengakhiri libur lebaran 2015.

"Pada H+8 mudik lebaran atau Jumat (24/7) kemarin, tercatat sebanyak 1.055 penumpang yang berangkat, dari berbagai jalur lintas mulai dari lintas Barat, Timur, Utara dan Selatan meninggalkan Riau, mereka dibawa 197 unit bus," kata Iptu H Herman WSN, Kepala Pos Pelayanan Terminal AKAP Bandar Raya Payung Sekaki, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, kepulangan pemudik ke kampung masing-masing melalui terminal Antar Kota dan Antar Provinsi di Bandar Raya Payung Sekaki Kota Pekanbaru itu, mengalami penurunan dibandingkan pada sehari sebelumnya.

Ia menyebutkan, pada Kamis (23/7) arus keberangkatan di terminal yang sama tercatat  sebanyak 1.037 penumpang dibawa oleh 205 unit bus.

"Arus mudik dan balik di Pekanbaru, memang sedikit berbeda  dari sisi angkutan karena arus kepulangan pemudik pada sehari sebelumnya agak sepi kendati pada Jumat (24/7) justru bus padat penumpang," katanya.

Kondisi ini terjadi, katanya,  antara lain lebih banyak pemudik kalangan swasta dan PNS yang menambah masa libur bersama ditetapkan secara nasional itu terkait masa cuti kerja.

Sementara itu, pada arus kedatangan di terminal AKAP Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pakanbaru pada Jumat (24/7) bus  yang datang tercatat sebanyak 68 unit mengangkut 540 penumpang atau mengalami kenaikan pada sehari sebelumnya.

Pada Kamis (23/7), bus yang datang tercatat sebanyak 53 unit membawa penumpang sebanyak 478 orang.

"Kondisi keamanan di terminal ramai, lancar, dan tiap sopir tetap diimbau agar senantiasa menjaga kesehatan mereka dan menghindari meminum alkohol,"katanya.

Begitu pula pada penumpang diimbau agar menjaga barang bawaan masing-masing, jika kesehatan mereka terganggu bisa memeriksakan diri pada pos kesehatan yang dibentuk Dishub Kota Pekanbaru bekerjasama dengan PT Jasa Raharja Cabang Riau. (rep05/ant)