Riau Raya

Walikota Pekanbaru Terjun Pimpin Tim Pemadaman Karhutla

Pekanbaru-Walikota Pekanbaru Frdaus ST MT secara langsung memimpin pemadaman kebakaran puluhan hektar lahan di wilayah kecamatan Payung Sekaki tepatnya di Jalan Riau Ujung Kelurahan Air Hitam dan di Jalan Sido Rukun Kelurahan Labuhbaru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Sabtu (11/7/2015).
 
Raut wajah Walikota Pekanbaru terlihat  kesal dan kecewa ketika menemukan puluhan hektar lahan di dua titik di Kota Pekanbaru dalam kondisi terbakar. "Saat ini kondisi udara di Kota Pekanbaru dalam kategori tidak sehat akibat diselimuti kabut asap yang cukup tebal, ditambah kebakaran ini tentu membuat kualitas udara semakin buruk,"kata Firdaus ST MT
 
Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menyebutkan dari pantauan serta pengecekan langsung dilokasi lahan yang sedang terbakar itu. Sepertinya kedua lokasi tersebut sengaja di bakar, karena terlihat kondisi lahan dalam pengerjaan pembersihan.
 
“Kita sayangkan sekali tindakan pemilik lahan atau pihak yang melakukan pembakaran ini . Sepertinya tidak menghiraukan  larangan hukum. Bahkan para  pelaku tidak mau peduli dengan kondisi udara di Pekanbaru pada khususnya dan Riau pada umumnya,"terangnya.
 
"Kuat dugaan kita bahwa lahan ini sengaja dibakar. Camat dan Lurah kita perintahkan untuk memastikan siapa pemiliknya. Selanjutnya  membuat laporan kepada pihak kepolisan untuk diproses secara hukum,’’katanya.
 
Kebakaran lahan ini diketahui walikota Pekanbaru ketika mendapat laporan dari masyarakat bahwasanya ada kebakaran lahan , Begitu mendapat laporan, Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT bersama Camat, Kapolsek, Danramil, serta Lurah dan disertai dengan 3 unit mobil Pemadam Kebakaran  melakukan pemeriksan dan pengecekan ke lokasi yang dilaporkan tersebut, dan ternyata puluhan hektar lahan di dua lokasi tersebut dalam kondisi terbakar.
 
Walikota beserta  rombongan langsung melakukan upaya pemadaman  agar api tidak semakin meluas. (rep05)