KARHUTLA

Riau Kembali Ditaburi Garam

PEKANBARU - Provinsi Riau mulai menghadapi musim kemarau. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali mengancam. Direncanakan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan me-'launching' operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Senin (22/6/2015).
 
'Launching' operasi TMC atau yang biasa dikenal masyarakat dengan penyemaian garam di awan Riau akan dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman dan seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.
 
"Kepala BNPB direncanakan yang langsung melakukan 'launching' operasi TMC ini," kata Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Darusman, Minggu (21/6/2015) malam di Pekanbaru.
 
Operasi TMC ini sebagai langkah antisipasi dan penanggulangan bencana karhutla serta kabut asap yang selalu mengancam Riau memasuki Bulan Mei-Oktober.
 
Karena memang, sejak beberapa pekan terakhir, intensitas hujan di wilayah Provinsi Riau mulai menurun, sehingga peluang terjadinya kebakaran lahan, terutama di lahan gambut Riau yang kering cukup besar.(rep04/gc)