Riau Raya

Ada tiga kota di Riau jadi sarang pengidap HIV/AIDS

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, tercatat kasus AIDS sudah ditemukan pada 12 kabupaten dan kota. Daerah terbanyak ditemukan kasus pengidap AIDS di Riau adalah Kota Pekanbaru, Kota Bengkalis dan Kota Dumai.

"Berdasarkan data dihimpun dari Januari-Mei 2015, kasus AIDS wanita tercatat 35 persen, pria 65 persen. Sedangkan HIV pada wanita 31 persen, dan pria sebesar 71 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril, di Pekanbaru, seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/6).

Menurut Andra, kasus pengidap AIDS ditemukan melalui program tes sukarela kepada pelacur dan pasangan sejenis. Kasus ini, kata dia, ibarat fenomena gunung es karena yang belum terjangkau atau bersedia untuk melakukan tes virus HIV masih banyak.

"Namun demikian, Riau sudah membentuk klinik (Voluntary Counseling Test) VCT sejak 2014 itu dan sudah menjangkau penderita HIV lebih awal, tidak lagi pada fase terminal," ujar Andra.

Andra melanjutkan, sejak 2004 klinik VCT pertama kali dikelola RSUD Arifin Achmad itu. Saat ini mereka telah mempunyai fasilitas itu pada 12 kabupaten dan kota se-Riau.

Kegiatan VCT adalah proses konseling pra testing, konseling post testing, dan testing HIV secara sukarela yang bersifat rahasia. Mereka berusaha mendeteksi secara dini dan membantu orang mengetahui apakah terjangkit virus HIV. (cr01/mdc)