Hukum

Kerabat SBY Diperiksa KPK untuk Kasus Hambalang

Jakarta-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa dua orang saksi dalam kasus korupsi pengadaan proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Selasa 28 Mei 2013.

Dua saksi yang berasal dari pihak swasta ini yakni, Widodo Wisnu Sayoko dan Sylvia Sholehah, atau yang akrab dipanggil 'Ibu Pur'.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVAnews, Wisnu diketahui masih memiliki hubungan kerabat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan Sylvia Solehah atau yang akrab disapa 'Ibu Pur' diketahui  istri dari Purnomo, yang merupakan purnawirawan TNI dan masih satu angkatan dengan SBY di Akademi Militer tahun 1973.

Keduanya diperiksa sebagai saksi Andi Alfian Mallarangeng, mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga, yang jadi tersangka dalam kasus ini.

Saat dikonfirmasi, Widodo yang ditemui di KPK membantah keterlibatannya dalam kasus Hambalang. Dia menampik semua dugaan yang menyebutnya terlibat membantu menggolkan proyek Hambalang.

"Ora enek (tidak ada) mas, saya nggak diperiksa, saya nganterin saja," kata Widodo. Dia mengaku hanya mengantarkan ibunya ke KPK. Padahal jelas, dalam jadwal pemeriksaan di KPK yang biasa diberikan ke wartawan, namanya tertera sebagai saksi kasus Hambalang.

Begitu juga saat dikonfirmasi mengenai hubungannya dengan Presiden SBY, pria yang mengenakan kemeja putih itu juga membantah. "Bukan. Nggak ada," ujarnya.

Widodo juga membantah bahwa dirinya bersama Andi Mallarangeng ikut meloloskan proyek Hambalang. "Belas ora ono (sama sekali nggak ada)," tegas Widodo. (rep05)