Riau Raya

Jelang Penilaian WTN, Pemkab Inhu Mulai Berbenah

Rengat-Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bersiap menghadapi penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2015. Bersama-sama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi terkait, Pemkab Inhu melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) mulai mematangkan persiapan jelang penilaian WTN.
 
Persiapan yang dilakukan diantaranya berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Polres Inhu, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar serta instansi terkait lainnya untuk membentuk tim persiapan WTN.
 
Setelah melakukan rapat koordiansi, tim langsung melakukan survey terhadap lokasi yang akan dilakukan penilaian WTN tahun 2015, diantaranya sepanjang Jalan Sultan Rengat yang merupakan jalan nasional. Kemudian di kawasan tertib lalu lintas (KTL) yakni di Jalan Bupati Tulus, Jalan Narasinga, Jalan R Suprapto, Jalan Ahmad Yani Rengat serta di kawasan seputar terminal dan Pasar Rakyat Rengat.
 
Untuk Jalan Sultan dan sepanjang Jalan KTL, ada beberapa hal yang mesti di lakukan penataan, diantaranya pemindahan pot bunga daritrotoar ke tepian jalan, pemindahan material bangunan dan penutupan trotoar yang berlubang.
 
“Kita akan berkoordinasi dengan UPT Kebersihan dan Pertamanan untuk melakukan pemindahan pot bunga dari trotoar ke tepian jalan, sedangkan untuk pemindahan material bangunan dan penutupan trotoar yang berlubang kita perlu berkoordinasi dengan Dinas PU," ujar Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Inhu, Slamet Suhargana.
 
Adapun di seputaran terminal dan Pasar Rakyat Rengat, perlu dilakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan hingga menggunakan badan jalan dan trotoar. "Untuk para PKL, kita langsung melakukan tindakan persuasif dengan cara menyampaikan secara lisan, selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Disperindag Pasar agar menyurati secara tertulis,” tambahnya.
 
Sedangkan untuk Jalan Ahmad Yani tidak ada catatan apapun karena sudah memenuhi syarat penilaian. Namun beliau juga menghimbau dan mengharapkan agar warga masyarakat bisa tertib dan mematuhi peraturan lalu-lintas terutama pada saat dilakukan nya penilaian WTN nanti.
 
Ditambahkan Slamet, berbagai pembenahan telah diupayakan Dishubkominfo Inhu untuk memperbaiki catatan kekurangan pada penilaian WTN tahun lalu, diantaranya pemasangan Trafic Light, Warning Light, Marka dan Median Jalan dan penataan penempatan tanaman hias. Selain itu, saat ini proses pengadaan marka dan rambu-rambu jalan sudah memasuki proses lelang.
 
“Jika pada WTN tahun 2014 lalu kita mendapatkan Plakat WTN untuk kota kecil, Semoga pada tahun 2015 ini Kabupaten Inhu bisa mendapatkan hasil yang baik dari tahun lalu yaitu membawa Piala WTN untuk Kategori Kota Kecil,” ujar Kadishubkominfo Inhu Drs Erpandi.(rep05/mcr)