Riau Raya

Asiikk, Pelabuhan Pasar Bawah Bakal Disulap Jadi Mall

PEKANBARU - Pelabuhan Pasar Bawah seperti diketahui kini sudah mati suri alias tidak terpakai lagi. Bertempat di areal Jalan Perdagangan, Pekanbaru, lokasi tersebut bakal disulap oleh PT Pelindo sebagai kawasan pengembangan komersial center. Salah satunya dibuat pusat perbelanjaan (mal).
 
‘’Pasar bawah akan dikembangkan menjadi komersial center. Dibangun mal di sana, sehingga inline (sejalan) dengan program pemerintah daerah dalam mengembangkan Water Front City (WFC), ’’ kata GM Pelindo I Cabang Pekanbaru, Djuhaery.
 
Dalam perbincangan Sabtu (30/5) lalu di kediaman dinas Plt Gubernur Riau Jalan Sisingamangaraja Pekanbaru, rencana tersebut sebagai salah satu program Pelindo sebagai salah satu BUMN yang bergerak di sektor sungai dan laut.
 
Di mana Djuhaery menilai perlu sebuah terobosan dalam mengembangkan konsep WFC yang digagas pemerintah daerah. Di mana Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, menurutnya sudah mendukung rencana tersebut. Karena dengan demikian dapat menghidupkan potensi wisata Riau. 
 
Turut hadir dalam pertemuan kemarin Plt Gubri Ir H Arsyadjuliandi Rachman dan Kadisparekraf Riau Fahmizal. Lebih lanjut diungkapkan Djuhaery ketika disinggung mengenai anggaran yang disiapkan, belum mengarah ke sana. Karena masih dalam desain awal.
 
‘’Sekarang kita sedang dalam proses desain, lalu DED pada 2016 nanti dan bisa mulai pembangunan 2017. Kemudian juga perlu diproses penghapusan aset sebagai BUMN,’’ ungkapnya.
 
Dengan 20 hektare lahan yang tersedia, kata Djuhaery, konsep mal empat sampai lima lantai, akan dijadikan ikon pinggir Sungai Siak ke depannya. Di combine (kombinasi) dengan wisata air sebagai rencana umum tata ruang pinggiran sungai.
 
Mengenai pelabuhan yang sebelumnya untuk bongkar muat barang dan peti kemas, ungkap Djuhaery, sekarang sudah pindah dan beroperasi di Perawang. Namun sekarang fokus di peti kemas saja. ‘’Pelabuhan operasionalnya sudah dipindahkan ke Perawang. Intinya pelabuhan Pasar Bawah tidak lagi jadi pelabuhan,’’ lanjutnya.
 
Sementara secara singkat Plt Gubri menambahkan memang mengenai rencana pengembangan pasar sebagai daerah bisnis patut diapresiasi. ‘’Mal dan restoran misalnya, menjadi tempat tujuan orang kalau ke Pekanbaru. Sehingga bisa menjadi salah satu ikon. Kita dukung Pelindo menjadikan kawasan tersebut pusat bisnis dan wisata air,’’ singkat Plt Gubri.(rep04/rpc)