Riau Raya

DPRD Desak Pemprov Riau Tegas Atasi Imigran Bandel

PEKANBARU - Legislator Riau Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru, Ade Hartati Rahmad minta pada Pemerintah Provinsi dan Kota Pekanbaru untuk tegas dalam mengatasi keberadaan para Imigran yang ada.  Pasalnya untuk saat ini keberadaan meraka sudah dipandang tidak lagi sebagai transit mencari suaka, tapi sudah menjalani kehidupan sebagai warga negara Indonesia.
 
"Sekarang sudah ada yang punya KTP, buka usaha, malah ada yang tinggal di ruko.  Inikan sudah tidak benar lagi.  Warga kita aja masih ada yang sukit dapatkan identitas diri, sementara mereka dengan mudahnya mendapatkan.  Untuk itu Pemerintah baik Propinsi Riau maupun Kota Pekanbaru harus bersikap tegas terhadpa keberadaan mereka", sedebutnya saat dikonfirmasi wartawan.
 
Lebih jauh dikatakan Poitisi PAN ini, sikap tegas yang dimaksud, tetap menjaga hubungan baik dengan negara asal para imigran.  Tapi dapat mengiurai permasalahan yang terjadi dan tujuan awal sebagai tempat transit tercapai dengan diteruskan ke negara yang jadi tujuannya.
 
"Mereka itu dibawahi oleh oganisasi internasional imigran.  Jadi Pemerintah dapat melakukan koordinasi ke wadah itu dalam penyelesaian masalah", tambahnya sembari mengakui kalau organsisasi yang dimaksud ada perwakilanya di Pekanbaru.
 
Sebagaimana yang sudah dibeitakan media ini sebelumnya, pencari suaka politik dari timur tengah tersebut, jumlahnya mencapa sekitar 1.000 orang sehingga tempat penampungan mereka di Rudenim over kapasitas.  
 
Sebelumnya dari hasil hearing instansi terkait dengan pihak Legislatif Riau, mereka akan diungsikan ke suatu daerah yang jauh dari mukiman penduduk.  Tapi hingga saat ini rencana tersebut belum jalan. (rep05/mcr)