Fokus Rohil

Pulau Jemur akan Dipasang Solar Sel untuk Penerangan

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), tengah menggesa pembangunan solar sel sebagai pengganti operasional mesin genset yang selama ini terbatas penggunaanya di Pulau Jemur Rokan Hilir, Riau. Bahkan Bupati juga rencananya akan membangun tiang dan lampu penerangan bagi pulau yang menjadi pos Angkatan Laut (AL) itu.
 
 
Mengetahui banyaknya kekurangan dari segi infrastruktur, sarana komunikasi dan fasilitas pendukung lainnya di Pulau Jemur, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Suyatno berjanji untuk segera membantu merealisasikannya. ''Ini adalah pulau penting, penyangga kedaulatan wilayah perairan. Kita akan semaksimal mungkin merealisasikan apa saja yang dibutuhkan pulau ini,'' ungkap Bupati Rohil, Suyatno kepada GoRiau.com di Pulau Jemur.
 
 
Kedepan, Suyatno berencana membuat solar sel sebagai energi alternatif pengganti genset. Dan berikutnya dilanjutkan dengan membuat penerangan pulau. ''Jadi pos AL disini bisa terang dengan adanya program lampu solar sel,'' beber bupati usai mengunjungi Pulau Jemur bersama Kapolda Riau dan Kapolres Rohil.
 
 
Bahkan sebelumnya pemerintah Rohil juga sudah melakukan terobosan dengan berbagai lobi-lobi kepada Pemerintah Provinsi Riau, dalam penyediaan pelabuhan terapung di Pulau Jemur. ''Sekarang dengan adanya pelabuhan terapung, kapal nelayan, Polair dan TNI AL tak perlu lagi kandas di batu karang,'' katanya.
 
 
Terobosan itu, sangat diapresiasi oleh Letda Laut (P) Bagus Mondro Murti, selaku Komandan Pos Angkatan Laut (AL) yang bertugas di Pulau Jemur. ''Kita sudah menyampaikan apa yang menjadi masalah disini (Pulau Jemur,red). Pak Bupati berjanji memberikan upaya maksimal karena pulau ini adalah aset terbaik di Rohil,'' katanya. (re05/grc)