Riau Raya

Sebanyak 23 Siswa Ujian Nasional Susulan di Riau

PEKANBARU - Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau, terdapat 23 siswa SMA sederajat yang mengikuti Ujian Nasional (UN) susulan. Seluruhnya merupakan peserta UN Paper Based Test (PBT) yang mulai melaksanakan ujian, Senin (20/4) di sekolahnya masing-masing.
 
Dari total 78. 960 siswa SMA sederajat pada tahun ini di Riau, saat pelaksanaan UN 13 April lalu mereka tidak ikut ujian disebabkan beberapa alasan, seperti sakit dan berhalangan lain yang sudah diketahui oleh pihak sekolah. Ditandai dengan surat izin yang diterima pihak sekolah.
 
Plt Kadisdikbud Riau Dwi Agus Sumarno mengungkapkan berdasarkan data yang diterima dari kabupaten/kota, pelaksanaan UN susulan dimulai tanpa kendala. Karena selain sudah dipersiapkan untuk pelaksanaannya oleh daerah, naskah soal juga sudah disiapkan sejak pencetakan sebagai cadangan UN susulan.
 
‘’Khusus UN CBT untuk susulannya mulai hari ini hingga 22 April, di lokasi yang ditentukan kabupaten/kota, kita terima data sekitar 23 siswa yang mengikuti,’’ ungkap Dwi, kemarin.
 
Jadwal pelaksanaan UN susulan lanjutnya, dilaksanakan sesuai jadwal UN 13 April lalu. Demikian pula mata pelajarannya. Berdasarkan laporan pelaksanaan UN susulan hari pertama, Disdikbud Riau mengklaim pelaksanaan berjalan lancar dan tidak ada kendala.
 
Sekretaris Disdikbud Riau Asrizal menambahkan, terkait data peserta UN susulan di Riau, untuk Pekanbaru terdapat tiga siswa, seorang siswa SMA, satu SMK dan seorang lagi siswa MA. Lalu di Dumai tiga siswa SMK yang mengikuti UN susulan.
 
‘’Peserta yang terdata ini sesuai dengan pertimbangan sekolah yang menerima surat izin dari para siswa. Pelaksanaan insya Allah berjalan lancar,’’ singkatnya.
 
Ditambahkannya, terkait peserta UN susulan, di Inhu terbanyak dengan delapan peserta, tiga SMA, tiga SMK dan dua MA. 
 
Lalu Kampar seorang siswa SMA, Bengkalis seorang siswa SMA dan seorang siswa Paket C, kemudian Kabupaten Siak tiga siswa SMK. Pelalawan satu siswa SMK, Kuansing seorang siswa SMA, dan Rohil seorang siswa SMA.
 
Jika ditotal terdapat delapan siswa SMA, 11 siswa SMK, MA tiga siswa, dan seorang siswa paket C yang mengikuti UN susulan di Provinsi Riau.(rep05/rpc)