Sosialita

Jangan salah, Sering Stres Picu Kolesterol Tinggi

Tingginya stres pada seseorang rupanya menjadi salah satu penyebab alami tingginya kolesterol. Bukan hanya itu, ada penyebab lain serta efek buruk yang harus Anda tahu dan wajib waspada.
 
Usia dan jenis kelamin
Tingkat kolesterol secara alami mulai meningkat, saat Anda hidup di usia 20 tahun. Nah, tingkat kolesterol itu biasanya aktif meningkat sampai usia 60-65 tahun, baik pada pria atau wanita.
 
Nah, pada wanita umumnya memiliki kadar kolesterol yang rendah sebelum menopause. Tapi setelah menopause, mereka dapat memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kolesterol dibandingkan laki-laki.
 
Pengaruh obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat meningkatkan tingkat trigliserida. Dengan demikian, sebelum Anda mengonsumsi suatu obat, ada baiknya konsultasikan dengan dokter tentang bahayanya.
 
Alkohol
Mengkonsumsi alkohol secara teratur dapat merusak hati dan otot-otot jantung, serta menyebabkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan tingkat kolesterol dalam tubuh meningkat.
 
Gampang stres
Saat orang-orang yang dihidupnya selalu diwarnai dengan perasaan stres, mereka biasanya menghibur diri dengan merokok, minum alkohol atau makan makanan berlemak. Oleh karena itu, stres berkepanjangan dapat menyebabkan kolesterol darah meningkat.
 
Penyakit
Penyakit tertentu seperti diabetes dan hypothyroidism meningkatkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Untuk alasan ini, lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, untuk menjaga tingkat kolesterol Anda di bawah kontrol. Demikian dilansir Timesofindia, Kamis (26/3/2015). (rep05)