Sosialita

Awas, Melalui Game-game Ini Hacker Intai Gamers

Virus baru bernama 'TeslaCrypt' yang didesain khusus untuk menyerang gamer muncul di awal tahun ini. Virus berjenis ransomware itu ternyata mempunyai daftar game favorit yang menjadi target utama.
 
"Kami belum pernah melihat gamer menjadi pusat serangan ransomware seperti saat ini," ungkap Vadim Kotov dari Bromium Labs.
 
Menurut Business Insider (11/03), ada setidaknya 40 game yang menjadi pusat serangan virus TeslaCrypt. Kebanyakan virus berbasis internet dan dimainkan oleh sebagian besar gamer online di seluruh dunia. Berikut 15 di antaranya.
 
Call of Duty
Star Craft 2
Diablo
Fallout 3
Minecraft
Half-Life 2
Dragon Age: Origins
The Elder Scrolls, Skyrim
Star Wars: The Knights Of The Old Republic
WarCraft 3
F.E.A.R
Saint Rows 2
Assassins Creed
S.T.A.L.K.E.R.
Resident Evil 4
Selain game di atas, ada satu game favorit gamer Indonesia yang ikut menjadi target serangan, yaitu World of Warcraft termasuk DOTA. Sekali terserang TeslaCrypt, akses pengguna ke berbagai file, aplikasi, dan akun internet bisa diambil alih.
 
Namun jangan khawatir, karena ada cara untuk menghindari serangan virus TeslaCrypt. Yang pertama adalah memastikan bila plugin 'Flash' yang ada di PC Anda terus di update.
 
Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencadangkan atau back-up semua data di perangkat lain. Lalu, ada baiknya untuk berhati-hati saat memback-up data di media cloud, seprti Dropbox. Sebab, virus TeslaCrypt bisa ikut membajak akun Dropbox Anda. (rep01/mc)