Fokus Rohil

Plt. Sekda buka Musda IPHI III Rohil

BAGANSIAPIAPI - Plt. Sekda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), H. Surya Arfan membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Ke III Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) kabupaten rohil digedung serba Guna Bagansiapiapi, Rabu (4/3) Musda Tahun ini diberikan Motto "bersama membangun Negeri dengan ilmu,iman dan Takwa.

Musda IPHI tersebut dihadiri Plt.Sekda Rohil,Drs.H.Surya Arfan,Msi,Ketua DPRD Rohil,Nasruddin Hasan,Kepala Kemenag Rohil, Agustiar,Sag, ketua Wilayah IPHI Propinsi Riau, Drs.Azhari Nur,SH, MM, para Eselon dan di ikuti sebanyak 60 pengurus IPHI Rohil dan Undangan lain nya.

Dalam Sambutan nya, Ketau Wilayah IPHI Riau, Drs.Azhari Nur mengatakan, Musda ke III IPHI Rohil ini bertujuan untuk memilih pengurus baru. dimana Masyrakat Rokan Hilir mayoritasnya bersuku melayu dan sangat kental dengan Agama.

"kita mengharapkan nantinya kepada pengurus Baru IPHI Rohil untuk membuat suatu Program yang bermanfaat bagi masyrakat. salah satunya mengenai Jemaah haji. dimana selama ini Masyrakat dikalangan mampu berulang-ulang melakukan Haji, akibatnya masyrakat lainnya harus berantrian menunggu jadwal diberangkatkan. untuk itu kedepan nya bagi,"terangnya.

Masyrakat yang telah haji tidak boleh melakukan haji lagi.menurut Azhari,dengan berulang-ulangnya melakukan Haji,maka masyrakat harus menunggu hingga puluhan tahun.jadi kita minta kepada pengurus IPHI Rohil untuk membuat program nyata mengenai Jemaah haji ini."kalau Umroh tidak masalah,silahkan berapa banyak mau melakukan Umroh.

kalau haji kedepan nya tidak ada alasan masyrakat melakukan haji berulang-ulang dengan alasan mendampingi Istri,Keluarga,kerabat dan sebagainya.karena saat ini Antrian masyrakat untuk menunaikan Ibadah haji sangat besar,"ungkapnya.

dikesempatan yang sama, Plt. Sekda Rohil, Drs.H.Surya Arfan, Msi mengatakan, Musda IPHI ini dilaksanakan dalam memilih pengurus baru, dimana ketua IPHI Rohil yang sebelumnya dijabat oleh Asrul M Noor sudah dua periode.untuk itu dilaksanakan Musda berdasarkan ketentuan yang berlaku.

IPHI Rohil saat ini masih dibantu oleh pemkab Rohil melalui anggaran APBD setiap tahun nya.di indonesia IPHI Rohil lah yang paling banyak anggaran yang diberikan oleh pemkab Rohil.untuk itu dengan anggaran yang mengalir itu diharapkan IPHI menunjukan kerja yang nyata bagi pemkab Rohil.

"lihat IPHI yang ada didaerah lain di indonesia,mempunyai program nyata tanpa ada bantuan dari pemkab setempat.kita berharap IPHI Rohil mampu mencotohkan IPHI yang ada di indonseia tanpa Bantuan 100 persen dibantu oleh pemkab.selain itu,Pengurus IPHI Rohil yang nantinya terbentuk untuk melakukan pendataan Jemaah Haji tahun ini.karena menurut surya jumlah haji untuk tahun 2015 ini belum terdata dengan baik.

dilanjutkan,kalau tidak salah jumlah jemaah haji untuk tahun ini berjumlah 300 Lebih jemaah.yang tentunya terjadi peningkatan."bagi Pejabat yang telah haji dilarang untuk melakukan Ibadah haji lagi,kasian melihat masyrakat yang ngantri hingga puluhan tahun.

kedepan nya,Bagi pelajar yang berniat menunaikan haji silahkan mendaftar dari sekarang,karena nama tersebut akan keluar setelah 15 tahun kedepan.kedepan nya kita berharap IPHI Rohil maupun yang berada dikecamatan membuat Program yang nyata,bagi Pengurus IPHI yang berada dikecamatan silahkan lakukan kerjasama dengan Pihak kecamatan setempat,"pintanya. (karyadi)