Fokus Rohil

Bupati Suyatno Minta Masyarakat Tanggap Karhutla

Bupati Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno meminta seluruh masyarakat untuk tanggap dengan persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lingkungan masing-masing guna mencegah terjadinya musibah kebakaran yang lebih luas lagi.

Hal ini disampaikannya yang saat ini titik api sudah mulai muncul di Rohil, Senin (2/3) di Bagansiapiapi. Pada kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kondisi di lapangan didampingi aparatur kepenghuluan dan kecamatan Tanah Putih.

Pemerintah daerah terangnya tetap memberikan perhatian besar pada permasalahan karhutla dengan tujuan agar tidak sampai terjadi seperti pada tahun lalu dengan adanya dampak kabut asap yang luar biasa. Sebagai meningkatkan antisipasi dan penanggulangan karhutla, pemerintah mendorong keberadaan Masyarakat Peduli Api (MPA) di sejumlah kecamatan yang rawan dengan kejadian karhutla. Untuk operasional, honor MPA dibantu dari anggaran kabupaten.

"Itu sudah dicantumkan pada APBD 2015 ini, namun apabila tidak bisa tercairkan. Maka, akan kita perjuangan lagi masuk kedalam anggaran perubahan,"kata Bupati.

Pada intinya, lanjut Suyatno, seluruh unsur pemerintah se Kabupaten Rohil harus komitmen mewaspadai terjadi Karhutla di daerah masing-masing. "Nanti, kita akan berupaya menambah perlengkapan pemadaman api, dan semoga saja pada 2015 nanti setiap daerah sudah ada mesin pompa untuk memadamkan kebakaran lahan atau hutan yang terjadi," katanya.

Bupati mengatakan persoalan karhutla adalah masalah bersama yang mesti diperhatikan secara bersama pula. Untuk itu dia meminta bila ada satu wilayah tertentu mengalami kebakaran, maka daerah yang terdekat dengan lokasi kebakaran harus mau turut terlibat melakukan upaya pemadaman atau paling tidak antisipasi agar kebakaran tidak bertambah meluas.

"Jadi kalau ada titik api di Rimba Melintang, misalnya, itu yang di kecamatan Bangko Pusako jangan diam saja. Jadi harus saling tolong menolong, jangan pula ada penghulu yang tidak mau menolong daerah yang terbakar padahal dekat dengan kepenghuluannya," ujarnya.

Bupati mengingatkan dengan banyaknya lahan gambut yang ada di Rohil, menjadikan persoalan karhutla sebagai masalah yang harus diperhatikan dengan intensif dan baik. Dengan kondisi lahan gambut, terangnya, rawan dengan kebakaran selain itu juga mudah menyebarnya luasan kebakaran tersebut. (karyadi)