Sosialita

Kalsium Bisa Perpanjang Umur Perempuan

Montreal-Sebuah studi menunjukkan, perempuan yang mengonsumsi kalsium selama 10 tahun memiliki peluang hidup lebih lama. Kesempatan hidup panjang itu mencapai 22 persen ketimbang perempuan yang tidak meminum kalsium. Sebelumnya, ada sejumlah kekhawatiran menyatakan bahwa suplemen berkalsium dosis tinggi dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Namun peneliti Kanada justru merekomendasikan pengonsumsian ekstra kalsium untuk perempuan.

"Studi kami menemukan, penggunaan harian suplemen kalsium dapat menurunkan risiko kematian di kalangan perempuan,” ujar David Goltzman, peneliti dari Universitas McGill di Montreal, Kanada, di Mail Online, Rabu, 22 Mei 2013. "Manfaatnya terlihat pada dosis hingga 1.000 miligram per hari.”

Dalam Jurnal The Endocrine Society of Clinical Endocrinology & Metabolism ini, para peneliti menyatakan telah menganalisis data dari Pusat Osteoporosis Kanada. Dari sana, mereka memantau kesehatan 9.033 wanita Kanada antara tahun 1995-2007. Selama periode itu, 1.160 peserta meninggal. Dan temuan menunjukkan, risiko kematian turun hingga 22 persen pada perempuan pengonsumsi suplemen kalsium.

Suplemen kalsium dapat menyeimbangkan lemak darah, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, menciptakan metabolisme tulang yang lebih baik, dan menjaga kesehatan usus. Manfaat ini bisa diperoleh dari makanan dalam diet sehat, termasuk produk susu dan ikan. "Artinya, manfaat yang sama juga akan terlihat ketika mengonsumsi kalsium dari makanan susu, makanan non-susu, atau suplemen,” ujar Goltzman. (rep05)