Nasional

Buku Trilogi Ahok 30 Miliar, Ahok: Gue Mampu Bikin Sendiri!

Jakarta - Anggaran yang tidak masuk akal kembali muncul dalam anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2015. Setelah dugaan penggelenbungan dana mencapai Rp 12,1 trilun, muncul anggaran untuk pembuatan buku trilogi Ahok, senilai Rp 10 miliar untuk satu dari tiga seri buku,
 
Judul buku trilogi Ahok, yakni "Nekad Demi Rakyat", "Dari Belitung Menuju Istana", dan "Tionghoa Keturunanku, Indonesia Negaraku".
 
"Gue masih mampu bikin buku gue sendiri," kata Ahok di Rutan Pondok Bambu, Sabtu (28/2).
 
Buku trilogi yang muncul dalam rencana belanja 2015 DKI Jakarta ini dianggap Ahok terlalu berlebihan. "Gila! Ngapain bikin buku trilogi, itu mah namanya fitnah banget!" kata Ahok 
 
Anggota DPRD yang mengesahkan APBD pun tak pernah mempublikasikan anggaran itu sebelum polemik DPRD-Ahok mencuat pasca paripurna hak angket Jumat (27/2) kemarin. Menurut para dewan Kebon Sirih ini, terlalu banyak daftar anggaran dalam APBD DKI 2015 yang tak mungkin dicek satu per satu.
 
"Nggak tahu, saya lagi cek. Makanya itu ada permintaan itu, saya kaget. Makanya kita lagi sisir dengan e-budgeting," ucap Ahok sambil memastikan bahwa anggaran itu hanya ada di draft APBD DKI versi DPRD.
 
Trilogy buku Ahok ini mencuat setelah Ahok bercuit di laman Twitternya, "Anggaran pembuatan trilogi buku saya yg sebesar 30 milyar itu ada di APBD versi DPRD. Baca berita online itu jgn cuma judulnya saja," kata Ahok melalui akun @basuki_btp pukul 10.15 WIB hari ini. (rep05/cnn)