*Atasi Karhutla

Bupati ajak Masyrakat Menjaga Lingkungan

Karhutla

BAGANSIAPIAPI - Propinsi Riau saat ini memasuki musim kemarau yang tentunya sangat rentan dengan kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla),tidak tertutup kemungkinan rokan hilir kan terjadi karhutla dikarenakan lahan dirohil 75 persen nya masih tergolong gambut. apabila terjadi karhutla, tentunya aktifitas warga akan lumpuh total,sekolah-sekolah diliburkan dan mendatangkan berbagai penyakit pernafasan.

untuk mengantisifasi hal tersebut, pemkab Rokan Hilir mengajak masyrakat untuk selalu menjaga lingkungan dengan cara tidak sembarangan membakar lahan.selain itu masyrakat juga kita minta untuk memberikan informasi kepada instansi terkait jika ditemukan ada karhutla,sehingga Instansi tersebut bisa segera untuk menindaklanjutinya.

Demikian dijelaskan Bupati Rohil,H. Suyatno,Amp saat memimpin Apel 17 hari bulan dan pencangan Indonesia bebas Narkoba dihalaman kantor Bupati Rohil, Senin (23/2) di Bagansiapiapi. dikatakan, menurut data BMKG yang kita terima,riau saat ini dilanda titik panas,"jadi kita minta kepada perusahaan seperti Chevron, maggala afni maupun masyrakat secara indevidu membuka lahan untuk berhati-hati jangan sampai terjadinya karhutla,"harapnya.

sementara itu ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kbaupaten Rokan Hilir, Drs.H.Wan Achmad Syaiful, Msi mengatakan, MUI mendukung penuh Program pemkab Rohil dalam memberantas Narkoba dan karhutla di Rohil.Mui siap membantu pencegahan Narkoba dan Karhutla dengan cara melakukan Kuthbah setiap Jumat dimesjid dan diperwiritan yasin.

Dikatakan,setiap ada pencangan yang tentunya terpogram dengan baik,maka dari itu keinginan pemkab rohil untuk menmberantas narkoba dan pencegahan Karhutla mulai dari sekarang harus dilakukan pembasmiannya,sehingga pencanangan Indonesia bebas narkoba pada tahun 2025 nanti bisa terwujud nyata,"kata Wan Syaiful.

pembasmian Narkoba menurut wan syaiful pihak kepolisian harus memiliki Peta lokasi banyaknya penkonsumsi Narkoba,sehingga daerah-daerah yang rawan itu bisa dijadikan Target Operasi (TO) pihak polres Rohil,"pungkasnya.(ar/yadi)