Sosialita

Asiik, Facebook Pasang Fitur Khusus Jualan!

Jakarta - Bagi pengguna Facebook yang menggunakan jejaring sosial ini untuk berjualan, bakal dimudahkan dengan kehadiran fitur baru. Ada fitur khusus untuk menjual dan membeli barang.
 
Berlaku untuk anggota Facebook For Sale Groups, mereka bisa memillih fitur 'Sell' saat membuat postingan. Setiap anggota dapat menambahkan deskripsi mengenai barang yang dijual, termasuk harga dan lokasi pengantaran barang.
 
Melalui keterangannya, Sabtu (20/2/2015), layaknya situs e-commerce, penjual juga bisa menginformasikan ketersediaan barang yang dijual dengan menandai postingan mereka 'Available' atau 'Sold'.
 
Melalui blognya, Facebook menceritakan sejumlah contoh komunitas yang menggunakan For Sale Groups dengan rutin. Misalnya Lisa Duncan-Thayer dari Florida. Dia membentuk grup Made By Mama Buy/Sell/Trade untuk menjual barang rajutan dan memberikan tempat bagi para pengrajin lokal untuk menjual kerajinan tangan mereka.
 
Saat ini sudah terdapat lebih dari 4.500 anggota di Pinellas County, Florida, dan grup ini diklaim telah membantu banyak wanita mengubah hobi mereka menjadi bisnis.
 
Selain itu ada juga gitaris profesional Kadu Carvalho. Pria asal Rio de Janeiro, Brasil ini membentuk Facebook Group yang bertujuan membantu musisi di Brasil membeli dan menjual alat musik mereka.
 
Dalam waktu 3 tahun, grup ini telah mengumpulkan lebih dari 34.000 anggota. Grup ini tidak hanya membantu Kadu untuk membeli dan menjual alat musiknya, tetapi juga mengangkat namanya dan juga kesadaran publik akan brand miliknya, Swell.
 
Dengan tambahan fitur Buy dan Sell, diharapkan akan semakin mempermudah para pengguna yang memanfaatkan Facebook For Sale Groups. Fitur ini akan bisa dinikmati dalam beberapa bulan mendatang secara global di perangkat iOS, Android dan web. Namun Facebook belum menyebutkan dengan detail waktu perilisannya. (rep05/dc)