Riau Raya

Asik! Riau Akan Ada Sekolah Penerbangan di Japura

PEKANBARU - Riau akan memiliki sekolah penerbangan sendiri. Ini menyusul rencana Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang membuka kampus di Riau, tepatnya di Bandara Japura, Inhu. Bahkan mulai tahun 2015 ini, STPI langsung menerima mahasiswa baru 2015/2016. Pemprov Riau berupaya agar diisi mahasiswa lokal walaupun sistem penerimaan dilakukan secara nasional.
 
Seperti konsep IPDN kampus Rokan Hilir, STPI yang merupakan program Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI mengawali tahun ajaran baru ini dengan tahapan belajar mengajar sejumlah 30 taruna terlebih dahulu. Sarana dan prasarana serta kelengkapannya sudah disiapkan pihak pemerintah pusat. Bahkan enam pesawat latih akan segera di pindahkan dari STPI Curug, Tangerang, Banten.
 
"Sekolah penerbangan di Japura merupakan program Kemenhub yang disiapkan di daerah. Kita menyambut baik karena kedepan calon mahasiswa Riau berpeluang untuk terlibat menjadi taruna," ujar Kepala Dishub Riau Adizar kepada Riau Pos, Jumat (20/2).
 
Dengan kondisi Bandara Japura di Rengat yang sudah dipantau pihak pusat, lanjut Adizar sarana dan prasarana yang dimiliki dinilai memadai dan bisa menjadi salah satu lokasi kampus STPI. Terkait perizinan dan prosedur penggunaannya, diakui Kadishub sudah disiapkan pihak Kemenhub RI.
 
Harapan agar bisa terlibatnya calon mahasiswa Riau di sekolah pilot tersebut, sambung Adizar sudah disampaikan Plt gubernur Ir H Arsyadjuliandi Rachman kepada Menhub RI Ignatius Jonan beberapa waktu lalu dan beberapa kali pertemuan. Pemerintah pusat menyambut baik keinginan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Riau di jasa transportasi udara tersebut.
 
"Kalau kampusnya di Riau, informasi-informasi tentang pendaftaran dan lainnya bisa diterima lebih cepat. Sehingga peluang anak-anak kita juga bisa terlibat dalam pendidikan jadi pilot ini," sambungnya.
 
Dengan sudah mulainya pendidikan pada tahun ajaran baru ini, Adizar mengemukakan sama dengan penerimaan IPDN yang merupakan program Kemendagri, dilakukan di tingkat pusat. Karena masih tahun pertama, namun kedepan bukan tidak mungkin akan dilakukan seleksi secara lokal.
 
Bagi calon mahasiswa yang memiliki cita-cita sebagai pilot, kata Adizar dapat mendapatkan informasi lengkap tentang persyaratan pendaftaran di website STPI Curug, yakni di situs www.stpicurug.co.id.
 
"Informasi pendaftaran sekarang bisa dilihat di website STPI Curug. Sementara dalam waktu dekat akan didatangkan enam pesawat latih bagi latihan terbang perdana para taruna," paparnya.
 
Plt Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman dua hari lalu terkait dibukanya kampus pilot di Riau, tepatnya di bandara Japura Rengat, berharap dapat membuat daerah Rengat, Indragiri Hulu secara lokal dan Riau secara lebih luas dapat merasakan manfaat keberadaannya.
 
 "Dengan adanya kampus pilot di Riau, mudah-mudahan anak-anak kita nanti dalam jangka waktu panjang ada yang jadi pilot dan berkontribusi di dunia penerbangan tanah air," harapnya.(rep05/rpc)