Riau Raya

SMAN 8 Jadi Green Partner Panin

PEKANBARU - Untuk lebih memperluas partisipasi  dan peran serta dalam kepedulian terhadap lingkungan, Bank Panin mengajak SMAN 8 Pekanbaru menjadi green partner dalam program go green yang telah dijalankan selama lebih dari empat tahun terakhir.
 
Ajakan itu disampaikan Green Officer Bank Panin cabang Pekanbaru, Achmad Tavip saat kegiatan penyerahan bibit pohon trembesi untuk ditanam di lingkungan sekolah, Jumat (20/2/2015). Selain dihadiri Kepala Sekolah, Dra Hj Hasnidar dan ratusan siswa, penyerahan juga dihadiri Ketua Komite SMAN 8 Pekanbaru, Kampriwoto beserta anggota komite lainnya. Program penanaman pohon diselenggarakan dalam rangka memperingati hari lahan basah sedunia yang ditetapkan setiap tanggal 2 Februari.
 
"Program kepedulian lingkungan yang kami laksanakan secara nasional ini sudah berjalan lebih dari empat tahun. Programnya berupa penanaman pohon penghijauan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat baik swasta maupun pemerintah, organisasi kemasyarakatan hingga ke perguruan tinggi dan sekolah-sekolah,” kata Tavip.
  
Disebutkannya, dalam hal memperluas upaya penghijauan ini, diperlukan peran serta semua pihak. Karenanya Panin juga mengajak SMAN 8 menjadi mitra penghijauan. "Kami akan berikan bibit biji trembesi berikut polibag dan supervisinya, untuk disemai di SMAN 8. Jadi jika ada pihak yang membutuhkan pohon trembesi tidak mesti memintanya ke Panin, tetapi bisa juga ke SMAN 8,” kata Tavip.
  
Pemilihan trembesi sebagai pohon yang disediakan Panin, mengingat kelebihan yang dimilikinya. Yaitu sangat bagus menyerap gas karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, tidak menimbulkan sampah karena daunnya kecil-kecil, penampilannya bagus karena rindang dan berumur panjang.
  
Terhadap ajakan ini Hasnidar menyambut baik karena kerja sama penghijauan sejalan dengan predikat adiwiyata mandiri yang sudah disandang SMAN 8. Apalagi sekolah tersebut sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba sekolah berwawasan lingkungan tingkat Asia.
 
“Diperlukan bantuan dan kerja sama dengan semua pihak untuk mendapatkan hasil yang terbaik khususnya dalam lomba sekolah berwawasan lingkungan,” kata Hasnidar.
  
Ucapan yang sama dikatakan Kampriwoto. Ajakan Panin langsung disetujui komite dan bahkan meminta Panin menyegerakan realisasi teknis pelaksanaannya. “Ajakan yang sangat bagus dan harus langsung kita iyakan untuk dilaksanakan," kata Kampriwoto.(rep05/rpc)