Perlu Lahan Ribuan Hektare

Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Akan Pindah?

PEKANBARU - Wacana pemindahan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru bakal menjadi pembahasan panjang. Karena konsep pembangunannya akan meninggalkan konsep bandara konvensional seperti yang ada sekarang. Sehingga memerlukan lahan yang sangat luas, bisa mencapai ribuan hektare.
 
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Setdaprov Riau Adizar, Rabu (18/2) saat ditemui di Kantor Gubernur Riau. Menurutnya, pola yang akan disiapkan nanti sesuai keperluan perkembangan daerah, adalah konsep aero city.
 
‘’Jadi akan ada kawasan hiburan, kawasan industri, kawasan olahraga yang tergabung dalam kawasan bandara nantinya. Makanya masih akan menjadi pembahasan panjang untuk pemindahan bandara ini,’’ ungkapnya.
 
Jika diestimasikan dengan keperluan konsep bandara aero city tersebut diperkirakan khusus bandara saja memerlukan lahan hampir 500 hektare. Lalu keperluan lainnya untuk kawasan terkait, bisa mencapai di atas 1.000 hektare. ‘’Bisa sampai seribuan hektare. Belum disiapkan lahannya, karena memerlukan banyak kajian,’’ tambahnya.
 
Plt Gubri Ir H Arsyadjuliandi Rachman terkait hal tersebut ketika dikonfirmasi mengemukakan memang wacana tersebut muncul dalam berbagai pertemuan dengan pihak Kemenhub RI. Karena berbagai pertimbangan atas kemajuan wilayah ibu kota Provinsi Riau. ‘’Kita pelajari terus perkembangannya,’’ singkat dia.(rep05/rpc)