Riau Raya

Tarif Angkutan di Pekanbaru Turun, Cuma Taksi yang Belum

Pekanbaru-Meski tarif angkutan umum sudah diturunkan pasca turunnya harga BBM, namun untuk tarif taksi di Pekanbaru cukup sulit diturunkan. Hal ini disebabkan tarif taksi ditentukan oleh argo sehingga harus ditera ulang lagi.
 
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pekanbaru, Syafril dalam keterangannya Rabu (18/2) mengatakan untuk mentera ualang argo yang terdapat di setiap taksi tentunya bukan pekerjaan mudah, meningkat banyaknya armana taksi.
 
"Inilah membuat tarif taksi tidak bisa segera diturunkan. Taksi tidak bisa dengan angkutan kota atau Trans Metro Pekanbaru (TMP), karena tarifnya berdasarkan argo. Untuk menurunkan tarifnya memerlukan waktu lama," jelasnya.
 
Selain itu, menurut dia, beberapa bulan lalu tarif taksi baru saja dinaikan. jadi kalau sekarang tarifnya diturunkan lagi tentunya akan sulit sekali. Perlu waktu untuk bisa mentera ulang argo yang ada di setiap taksi.
 
Meskipun sulit menurunkan tarif taksi, Syafril mengatakan pihaknya akan tetap berkeinginan agar tarifnya segera diturunkan dengan membicarakannya dengan pihak pengelola taksi. "Kita akan membicarakan dengan pihak pengelola taksi mengenai penurunan tarif itu," jelasnya.
 
Sejak harga BBM naik beberapa bulan lalu, tarif taksi hingga saat ini tidak pernah berubah, kenmdati harga BBM sudah diturunkan. Saat ini taksi masih memberlakukan tarif Rp 7000 untuk sekali buka pintu. (rep05/mcr)