Fokus Rohil

2015, Distanak berupaya Tingkatkan Swasembada Daging di Rohil

nt

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pertanian dan peternakan (Distanak) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mulai tahun 2015 ini berupaya untuk meningkatkan Swasembada Daging di Rohil. hal ini dilakukan dalam upaya untuk mencukupi permintaan Konsumen. karena dalam perayaan hari besar, kebutuhan daging sering didatangkan dari luar daerah.

Demikian dijelaskan Kadistanak Rohil, Ir.Muslim, Jumat (13/2) di Ruang kerjanya. dikatakanya, kebutuhan daging di Rohil terutama di hari-hari besar cukup tinggi, sementara stok daging yang ada sangat terbatas, apalagi daging potong yang di jual hampoir di datangkan dari luar daerah yaitu dari Sumatra Barat.

"Distanak tahun 2015 ini telah memprogramkan Bantuan bagi peternak sapi sebanyak 1200 ekor, Kambing 2000 ekor, Puyuh, ayam dan bantuan lain nya. hal ini dalam upaya untuk meningkatkan swasembada daging di Rohil,"ungkap Muslim.

Menurutnya, Bantuan tersebut nantinya akan dibagikan berdasarkan kelompok, hal ini adalah salah satu upaya pemerintah utuk meningkatkan Swasembada Daging."sehingga kedepan nya disaat menyambut hari-hari besar seperti Idul Adha pasokan Daging didaerah cukup dan tidak perlu didatangkan dari luar daerah lagi,"kata Muslim.

lanjutnya, pembagian Bantuan sapi maupun Kambing itu nantinya distanak terlebih dahulu melakukanpembekalan ilmu peternakan kepada setiap kelompok,"sehingga Bantuan Ternak itu benar-benar bisa bermanfaat dan berkembang biak dengan baik, dan masyarakat mudah untuk memenuhi kebutuhan,"timpal Muslim.(ar Suryadi)