Fokus Rohil

Pemkab Rohil Akan Kembali Berlakukan Jamkesda Kepada Masyarakat.

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan berencana memperlakukan kembali program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kepada masyarakat yang selama ini sempat dihapus. Ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Demikian dikatakan Plt Sekdakab Rohil, Surya Arfan. Senin (9/2) Di Bagansiapiapi,"Kalau hanya mengandalkan BPJS, tidak akan menjamin pelayanan kesehatan masyarakat secara optimal. Karena untuk bisa mendapatkan program BPJS Kesehatan harus bayar iuran tiap bulan. Sementara banyak masyarakat miskin kita yang tidak mampu membayar iuran bulanan itu,"ujar Surya

Dikatakan Surya, BPJS kesehatan akan tetap diberlakukan di Rohil saat ini. namun Program nasional ini hanya akan mensasar masyarakat ekonomi atas. Sedangkan ekonomi menengah ke bawah akan dicover oleh Jamkesda."Pemagang kartu Jamkesda tidak akan dipungut biaya karena semuanya ditanggung Pemkab Rohil,"terangnya.

Untuk kembali menghidupkan program Jamkesda itu menurut Surya akan dibicarakan terlebih dahulu dengan Bupati Rohil."Jika disetujui Jamkesda akan diberlakukan pada 2016 mendatang. Saat ini penyakit ringan yang diderita masyrakat masih bisa ditangani oleh RSUD, Puskesmas maupun Pustu yang ada,"tegasnya.(Adv/nto)