*Kali ini di PDR

Pemkab Rohil Kembali Akan Lakukan Relokasi PKL.

Pasar Datuk Rubiah Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kembali akan melakukan relokasi terhadap para PKL. Kali ini pasar yang akan di relokasi yaitu Pasar Datuk Rubiah (PDR) yang terletak di tengah Kota Bagansiapiapi. Karna pasar tersbeut tidak layak ditempati oleh para pedagang ikan maupun pedagang sayuran.

Demikian di katakan Kadis DKPP Rohil, Ibus Kasri ST, Selasa (27/1/2015) di Bagansiapiapi. Menurutnya pasar PDR saat ini membuat arus lalu lintas macet juga mengundang bau yang tidak sedap. Untuk itu, pasar yang terletak di Jalan Sumatra Laut itu akan dijadikan khusus untuk pedagang buah saja.

"Saat ini kita tengah melakukan sosialisasi kepada para pedagang supaya menempati lapak yang ada di Pasar Bintang Hilir. Karena pasar yang ditempati oleh pedagang ikan maupun sayuran itu akan dijadikan pasar khusus penjualan buah-buahan saja, sehingga pasar tersebut rapi dan indah,”terangnya.
 
Tambahnya, Saat ini ada sekitar 190 pedagang yang menempati PDR, dengan rincian 150 PKL yang terdaftar dan 40 PKL tidak terdaftar yang menempati emperan PDR pasca relokasi beberapa waktu yang lalu.

"Saat ini pasar itu tidak layak lagi dijadikan sebagai pasar tradisonal dikarenakan letaknya di pusat Ibu kota, karna pasar ini ya identik dengan tempat kumuh dan kotor, jadi bau-bau itu keluar dari bahan-bahan yang dijual serta sampah-sampah bekas berjulan. Makanya akan kita rapikan dengfan khusus berjualan buah saja,”terang Ibus.
 
 Namun, tambahnya lagi. DKPP telah menyedikan tong sampah besar di dekat PDR untuk menampung sampah-sampah para pedagang, sehingga samapah tersbeut mudah untuk di kumpulkan dan tinggal membuang saja apabila sudah penuh.

“Keberadaan pasar ini juga sering membuat arus lalu lintas macet karena kendaraan yang parkir di badan jalan, sehingga memang perlu relokasi ke Pasar Bintang Hilir. Karan di pasar tersebut Lahan parkirnya tidak ada, belum lagi becak-becak dan ojek yang mangkal di sana, jadi kita putuskan untuk direlokasi saja. Semuanya aka pindah ke pasar baru jalan Bintang,”pungkas Ibus.(nto).