Fokus Rohil

Disperindag Rohil Lakukan Operasi Pasar LPG 3 kG.

in
BAGANSIAPIAPI - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Rokan Hilir  (Rohil) melakukan Operasi Pasar LPG 3 kg.  Kamis (22/1). Operasi ini di lakukan di wilayah kecamatan Bangko,  tempatnya  di depan Mesjid Taqwa Muhammadiyah kelurahan Bagan Hulu Bagansiapiapi.

Dalam Operasi pasar LPG 3kg dipimpin oleh Kabid Perdagangan Disperindag Rohil, Rafizal,Spi untuk mengawasi terjadinya pembelian LPG dengan orang yang sama. Operasi pasar ini dilakukan dalam upaya membantu masyrakat menengah kebawah,”adapun harga LPG 3 Kg itu dijual dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Untuk meastikan harga yesebut makanya hari ini kita melakukan operasi pasar,”terang  Rafizal  disela-sela mengawasi Operasi pasar itu.

Tambahnya,  Operasi pasar LPG 3kg saat ini dijual dengan harga Rp.28.000/tabung, yang tentunya di atas  HET yang biasanya dengan harga Rp.19.000/tabung.”Dalam operasi untuk wilayah kecamatan bangko pihak Disperindag bekerja sama dengan Pertamina memberikan LPG 3 Kg Sebanyak 1 LO lebih. dimana 1 LO itu jumlahnya 560 Tabung, jadi untuk kecamatan Bangko jumlahnya sebanyak 800 Tabung."ujar Rafizal.

Dilanjutkan, setiap kepala Keluarga (KK) mendapatkan Maksimal sebanyak 5 Tabung dengan pemantauan yang ketat dari pihak disperindag."takutnya kalau tidak dipantau, maka yang membeli LPG itu orangnya itu-itu saja."tuturnya.

lanjutnya lagi, Pihak Disperindag telah mengadakan Operasi pasar tersebut dikecamatan Bagan Sinembah ,Bagan Sinembah Raya, Bagan sinembah Balai jaya, Kecamatan Kubu, Kubu Babussalam, Tanah Putih Sedinginan,Tanah Putih Tanjung Melawan, Bangko Pusako dan kecamatan Bangko.untuk kecamatan lain nya akan dilaksanakan esok atau lusa."intinya dalam Bulan ini seluruh kecamatan di Rohil akan selesai dilaksanakan Operasi Pasar Murah LPG 3 kg tersebut,”tuturnya.

diakui Rafizal, Utuk kecamatan Pasir Limau Kapas kita agak susah melaksanakan nya, karena daerahnya sangat jauh dan menggunakan Transportasi Laut.”untuk itu kita akan bicarakan kembali kepada Pihak Pertamina bagaimana jalan terbaiknya. jika tidak memungkinkan, maka Operasi Pasar Murah untuk kecamatan Palika akan diadakan di Bagansiapiapi nantinya."terang Rafizal.
 
Sebelumnya, Warga di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Susi, mengeluhkan isi tabung gas LPG ukuran 3 Kg yang cepat habis sebelum pada waktunya. Ditengarai bahan bakar bersubsidi  itu dilakukan pengoplosan.
 
Sebab dari waktu normal, LPG 3 Kg jika digunakan untuk memasak sehari-hari bisa sampai enam hari. Namun saat ini, LPG itu hanya cukup sampai tiga hari.,”Gal LPJ 3 kh saat ini cepat habis di penampung, kemudian pemakaiany gas tersebut juga cepat abisnya. Kita menduga gal tersebut dioplosan,”ungkap Susi kepada Wartawan.(adv/hms/ar)