Riau Raya

Pacu Jalur Digelar Usai Lebaran

TELUK KUANTAN-Tahun ini, seluruh rangkaian pelaksanaan even pacu jalur, baik pacu jalur rayon, maupun pacu jalur mini, pacu jalur nasional dan internasional, akan dihelat usai lebaran.

"Kita merencanakan seluruh rangkaian pelaksanaan pacu jalur dilaksanakan setelah lebaran," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kuansing, Marwan SPd MM melalui Sekretaris Drs Yulizar Musri MM, akhir pekan lalu.

Kendati demikian, kata Yulizar, tidak tertutup kemungkinan ada kecamatan-kecamatan yang ingin melaksanakan pacu jalur. "Agenda dari kita, mulai pacu jalur rayon dan nasional akan dilaksanakan setelah lebaran," katanya lagi.

Saat ini juga, Pemkab Kuansing telah menyusun jadwal pelaksanaan even pacu jalur tradisional, mulai dari pacu jalur tingkat rayon, pacu jalur mini, pacu jalur tingkat nasional dan internasional untuk tahun 2015 ini. Dan saat ini tengah menunggu persetujuan Bupati H Sukarmis.

Pacu jalur ditetapkan dilaksanakan di empat rayon. Rayon I (Inuman, Cerenti, dan Kuantan Hilir Seberang) ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Inuman, yang dihelat di Tepian Tigo Muaro, 23-25 Juli.  Sedangkan rayon II (Kuantan Mudik, Gunung Toar, Pucuk Rantau dan Hulu Kuantan) ditunjuk Kuantan Mudik, di Tepian Saidina Ali, 28-30 Juli.

Selanjutnya, rayon III (Benai, Pangean, Kuantan Hilir dan Logas Tanah Darat) dipusatkan di Benai, di Tepian Pincuran Sati, 3-5 Agustus. Sedangkan rayon IV (Sentajo Raya, Kuantan Tengah dan Singingi serta Singingi Hilir) ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Sentajo Raya, yang akan dipusatkan di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, 10-12 Agustus.

Sedangkan pacu jalur mini akan dihelat 15 hingga 16 Agustus di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Kemudian, pacu jalur nasional dilaksanakan 20-23 Agustus. Sementara, pacu jalur internasional jadwalnya disesuaikan dengan even pacu jalur nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan. (cr01/rtc)