Fokus Rohil

Pemkab Rohil Usulkan 35 Kelompok Bantuan KUBE FM

il
BAGANSIAPIAPI - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  telah mengusulkan sebanyak 35 Kelompok Bantuan kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KUBE FM) kepada Kementrian Sosial RI. Bantuan tersebut nantinya akan diberikan setiap kelompok sebesar Rp.20 juta di dua Kecamatan di Rohil.
 
Demikian dijelaskan Plt. Dinsos Rohil, Satari melalui Kabid Pemberdayaan Sosial, Ahmad Yusuf.S.Sos, MH , Selasa (20/1) di Bagansiapiapi. Menurutnya dua kecamatan yang akan menerima bantuan pusat itu yakni kecamatan Bangko Pusako dan  Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.
 

"Kita telah ajukan Bantuan KUBE FM kepada pihak Kementrian Sosial tahun ini, Proposal itu saya serahkan langsung ke kantor kementrian sosial. kalau itu disetujui maka sebanyak 35 Kelompok yang ada di dua kecamatan akan mendapatkan Bantuan dana KUBE FM,”terang Ahmad.

Tambahnya, 35 Kelompok itu terdiri dari Kecamatan Bangko Pusako sebanyak 20 Kelompok dan Tanah Putih Tanjung Melawan sebanyak 15 Kelompok, dengan satu kelompok berjumlah 10 orang. Bantuan itu nantinya bisa dipergunakan setiap kelompok untuk usaha.

“Seperti halnya nanti Bibit ikan beserta dengan Pakan nya, Tanaman Muda, usaha kelontong dan sebagainya. jika dana itu telah disetujui oleh kementrian sosial, maka pihak dinsoskan akan menyalurkan nya dengan menggunakan Rekening kepada setiap kelompok masing-masing."jelas Ahmad.

Sebelumnya, lanjut Ahmad. Pada tahun 2014 lalu pihak Dinsos Rohil juga telah menyerahkan Bantuan yang sama untuk kecamatan Batu Hampar dan Kecamatan Bangko sebanyak 30 kelompok. dimana dua kecamatan yang mendapatkan dana Bantuan KUBE FM itu telah berjalan dengan baik. kebanyakan para kelompok memanfaatkan dana itu untuk usaha Tambak Ikan.

"Alhamdulillah dengan bantuan ini masyrakat Miskin bisa terbantu dengan bantuan itu dalam mengembangkan usahanya. Dinsos hanya melakukan pengajuan kepada kementrian sosial serta melakukan pengawasan terhadap Dana Bantuan itu."pungkas Ahmad (ar)