"Segera Lakukan Pendataan.

Dewan Harapkan Dana Bansos Tepat Sasaran

Habib

BAGANSIAPIAPI – DPRD Rokan Hilir (Rohil) mengharapkan bantuan sosial (bansos) yang di salurkan oleh Pemkab Rohil kepada organisasi agar tepat sasaran, sehingga dana yang di gelontorkan tersebut bermanfaat peruntukannya. untuk mengatasi itu, Dewan akan melakukan pendataan bersama dinas terkait terhadap organisasi yang ada di wilayah Rohil.

“Kita akan mendata keberadaan Organisasi di Rohil ini, karna bantuan Bansos dari pemkab Rohil ini banyak tidak di gunakan sesuai peruntukannya.  Maka kita nantinya bersama Dinas terkait akan melkukan pendataan terhadap organisasi yang ada di Rohil. Supaya anggaran yang ada nantinya tidak di salah gunakan,”ungkap Anggota DPRD Rohil, Habis Nur Kepada Wartawan, Jumat lalu.(16/1) lalu.

Menurutnya, dalam memberikan bantuan ini Pemkab Rohil harus ingat satu hal dalam memeberikan dana hibah dan bantuan sosial adalah hak adil, kepatukan, dan kewajaran yang disertai dengan penjelasan nama penerima serta alamat penerima hibah bansos tersebut.

“Kita tidak ingin bantuan Bansos yang diberikan oleh Pemkab Rohil ini tidak dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada organisasi fiktif yang menikmati bantuan ini. Kita akan data organisasi atau lembaga yang ada di Rohil nantinya,"beber Habib mengulangi.

Lebih jauh di katakanya, Pemkab Rohil ada baiknya mengevaluasi Bansos baik dari sisi pertanggungjawaban, diprosedur maupun di sisi monitoring. Mana yang boleh dan mana yang tidak, karena pemberian Bansos tidak boleh terus menerus diberikan kepada organisasi yang sama nantinya.

“Prinsip sinergis harus dilakukan, karena bantuan dialokasikan untuk mendukung sinergitas pembangunan daerah, mendorong partisipasi dan tumbuhnya dinamika ekonomi. Juga memfasilitasi pembangunan sosial baik sosial dasar maupun infrastruktur” tutur Habib.

Lanjutnya lagi, lebih baik bantuan baksos di salurkan kepada yang jelas menerimanya,sehingga uang yang di gunakan bermanfaat untuk orang banyak,”Ktimbang memberikan bantuan yang tidak tentu arahnya serta tidak ada gunanya ke masyarakat, alangkah baiknya dana bantuan itu dihibahkan ke musalla atau masjid yang ada. Jelas bermanfaat bagi orang banyak,”pungkas Habib.(anto)